Kamis, 18 Agustus 2022
20 Muharram 1444

Pantauan Penerapan PPKM Mikro, Hotel di Bali Sudah Overbooked dan Patuh Prokes

Jumat, 31 Des 2021 - 10:00 WIB
Penulis : Willi Nafie
Pantauan Penerapan PPKM Mikro, Hotel di Bali Sudah Overbooked

Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri mengadakan pantauan penerapan PPKM Mikro di Jawa dan Bali selama Masa Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal ini menindaklanjuti Nota Dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa No. 446/1611/SET tanggal 27 Desember 2021.

Tim Pemantau DItjen Bina Pemdes dalam pantauan penerapan PPKM antara lain Jawa Barat, Bali dan Nusa Tenggara Barat juga melibatkan sejumlah pihak lainnya.

“Pemantauan ini dilaksanakan dengan harapan Pemerintah Daerah (dalam hal ini Kabupaten dan Pemerintah Desa) dapat lebih memperhatikan penerapan protokol Kesehatan di wilayah masing-masing,” kata Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo, Jumat (31/12/2021).

Tim pemantau Nusa Tenggara Barat melaporkan telah melaksanakan pemantauan ke Desa Wisata rumah adat Dusun Sade. Lalu Desa Sengkol Dusun ENDE dan Pantai Pandanan desa Malaka. Pengunjung terlihat sepi dan mematuhi protokol kesehatan.

Sementara Tim Pemantau Ditjen Bina Pemdes melaporkan pantauan dari Jawa Barat. Seperti Kawasan Wisata Sari Ater dan Floating Market Lembang. Pengunjung memiliki sertifikat vaksinasi covid-19, dan berusia lebih dari 12 tahun. Jumlah meja dan kursi makan pun hanya 50%, ini untuk mengurangi penumpukan pengunjung.

Kondisi Bali dari pantauan tim pembatasan objek Wisata dan tempat umum terbatas 50%. Kunjungan wisatawan saat ini mencapai 15.000 per hari. Okupansi hotel di Bali mencapai 35% dan rata-rata sudah overbooked.

Sementara Tim Pemantau Balai Yogya melaporkan telah melaksanakan pantauan lokasi wisata, salah satunya Umbul Ponggok, pengunjungnya wisata Umbul Ponggok justru mengalami penurunan.

Tim pemantau Balai Lampung turut melaporkan pantauannya dari beberapa tempat wisata seperti Pantai Kedu, Pantai Sebalang, Pemandian Air Panas Desa Pemanggilan, Lembah Hijau, Slanik Water Park, dan Lengkung Langit 2. Sejumlah kawasan wisata itu sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

Sementara di Malang  pemantauan di Alun-alun Kota Malang, Ekowisata Boonpring Desa Sanankerto dan Wisata Pulau Merah. Pengunjung tampak sepi, namun tetap wajib protokol kesehatan ketat.

Tinggalkan Komentar