Selasa, 27 September 2022
01 Rabi'ul Awwal 1444

Partai Konservatif Umumkan Pengganti Boris Johnson 5 September

Selasa, 12 Jul 2022 - 18:23 WIB
Partai Konservatif Boris Johnson
(foto: AFP)

Partai Konservatif yang memiliki suara mayoritas di parlemen Inggris menyatakan perdana menteri baru akan diumumkan pada 5 September mendatang.

Perdana menteri baru itu akan menggantikan Boris Johnson yang baru saja mengundurkan diri.

“Kami perlu memastikan ada waktu yang cukup sebelum keputusan diumumkan pada 5 September mendatang,” kata ketua Komite 1922 yang berpengaruh di Partai Konservatif, Graham Brady, seperti dikutip dari AFP, Selasa (12/7/2022).

Sebelumnya, Johnson mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri Inggris pada 7 Juli lalu. Pengunduran dirinya didahului oleh sejumlah menteri yang mundur beberapa hari sebelumnya.

Meski demikian, Johnson akan tetap memimpin pemerintahan hingga ada perdana menteri baru.

Baca juga
Buntut Kemenangan Inggris 20-0 Lawan Latvia, UEFA Siap Garap Format Baru Kualifikasi Piala Dunia Putri

“Saya akan tetap bekerja sampai ada pemimpin baru,” ujar dia dalam pidato pengunduran dirinya.

Nantinya, Partai Konservatif akan menggelar pemilihan untuk menentukan ketua partai berikutnya. Ketua partai itu yang nanti bakal menjadi perdana menteri.

Menteri Luar Negeri Inggirs, Liz Truss maju menjadi calon perdana menteri menggantikan Boris Johnson. Dia akan bersaing dengan 11 calon lainnya.

Adapun sejumlah calon perdana menteri Inggris yang akan menghadapi pemilihan antara lain Menteri Perdagangan Inggris Penny Mordaunt, Menteri Transportasi Grant Shapps, Menteri Keuangan Nadhim Zahawi, mantan menteri Jeremy Hunt, eks Menteri Kesehatan Sajid Javida, serta mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak.

Baca juga
Pemimpin Dunia Sampaikan Duka Atas Wafatnya Ratu Elizabeth II

Liz Truss dan Rishi Sunak menjadi calon terkuat. Sunak merupakan menteri pertama di kabinet yang mendesak Johnson mundur dari jabatannya. Sunak pun menteri pertama yang mengundurkan diri lalu disusul sembilan menteri lainnya.

Tinggalkan Komentar