Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Pasar Mobil Bekas Menggeliat, Diprediksi Naik hingga 3 Persen Pada 2022

Pasar Mobil Bekas - inilah.com
Istockphoto

Pasar otomotif dalam negeri, khususnya mobil bekas, mulai menggeliat. Meski masih dalam situasi pandemi COVID-19 pasar bekas kendaraan roda empat diprediksi bakal ada kenaikan hingga 3 persen pada tahun 2022. Hal tersebut CEO OLX Group Indonesia Johnny Widodo ungkapkan baru ini.

“Ada banyak macam alasannya. Pertama, yang pasti, Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita dari customer di Indonesia itu naik,” kata Johnny saat acara virtual bersama media pada Selasa (15/03).

Alasan lainnya, lanjut Johnny, adalah pasokan mobil bekas yang terus meningkat serta ekspor dan impor mobil completely built-up (CBU) juga mulai pulih.

Baca juga
Trofi Juara Liga 1 Sudah Mendarat, Hajatan Bali United kian Meriah

Adapun mobil-mobil yang tetap laku di tahun 2022, kata dia, di antaranya Honda CRV, Honda Jazz, Toyota Innova, Honda Brio, dan Toyota Avanza.

48 persen ingin membeli mobil bekas

Dari sisi konsumen, Johnny memaparkan bahwa berdasarkan riset internal perusahaan, masih banyak orang yang ingin membeli mobil bekas, yakni sekitar 48 persen. Kemudian, 34 persen konsumen ingin meng-upgrade mobil mereka.

“Dan kebanyakan dari mereka, sekitar 70 persen, mereka sudah menetapkan anggaran untuk membeli mobil dan 70 persen juga mencari mobil melalui platform online,” kata dia.

“Ini menarik. Seiring dengan berjalannya proses digitalisasi di lini bisnis termasuk otomotif, pergerakan orang untuk mencari produk itu sudah banyak yang melalui online selection,” lanjutnya.

Baca juga
5 Tips Menawar Mobil Bekas Agar Dapat Harga Terbaik

Johnny juga mengatakan bahwa dalam memilih mobil, konsumen saat ini cenderung sangat fleksibel sehingga tidak keberatan untuk beralih brand, asalkan masih sesuai anggaran dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, lanjut Johnny, konsumen juga sangat mempertimbangkan kondisi mobil. Sayangnya, kebanyakan dari mereka takut tertipu terkait kualitas mobil bekas yang akan mereka beli.

Melihat hal tersebut, Johnny mengatakan OLX meluncurkan kampanye #PilihYangPasti untuk menjawab kebutuhan konsumen terhadap mobil bekas yang berkualitas dengan harga terbaik.

“Di OLX Autos, kalau beli mobil, ada garansi tujuh hari uang kembali, 30 hari garansi mesin, gratis biaya perawatan, dan pastinya sudah diinspeksi secara menyeluruh. Pilihan mobilnya ada 2.000,” imbuh Johnny.

Baca juga
Jumlah Nama Domain .id Sepanjang 2021 Lampaui Target

Johnny menambahkan, OLX juga akan mengadakan OLX Autos Spot di dua lokasi, yakni di Laguna Atrium Central Park Jakarta pada 16-20 Maret 2022 dan Mall Bintaro Exchange pada 23-27 Maret 2022.

Tinggalkan Komentar