Selasa, 09 Agustus 2022
11 Muharram 1444

Pasien Omicron Lolos, Pengawasan Karantina di Wisma Atlet Lalai

Senin, 27 Des 2021 - 18:05 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Menkes Budi - inilah.com
Menkes Budi Gunadi Sadikin - sehatnegeriku.kemkes.go.id

Satu orang pasien COVID-19 varian Omicron lolos dari karantina di Wisma Atlet. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan mengapa kasus lolosnya pasien COVID-19 dari karantina masih saja terjadi.

“Yang karantina itu kita lihat ada satu perempuan datang dari Inggris pada saat dia dites positif. Dia minta tes pembanding, dites negatif makanya dia minta keluar berdasarkan tes yang negatif,” jelas Budi dalam jumpa pers, Senin (27/12/2021).

Mantan Direktur Utama PT Inalum itu menambahkan, karena negatif pasien itu diberi izin untuk isolasi mandiri oleh Dinkes DKI. Namun, setelah isolasi lima hari, pasien itu dinyatakan positif varian omicron.

Baca juga
Kasus Harian COVID-19 Nasional Bertambah 34.418 Orang

“Jadi kita kejar lagi yang bersangkutan kita tes lagi semua dan Alhamdulillah sudah negatif,” ujar Budi yang juga mantan Wamen Kementerian BUMN itu.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap ada satu pasien Corona varian Omicron yang lolos dari karantina di Wisma Atlet bersama keluarganya.

Luhut mengakui petugas dilapangan memberikan dispensasi kepada pasien Omicron tersebut. Terjadi kelalain pengawasan terhadap pasien yang dikarantina di Wisma Atlet.

“Ini kita harapkan tidak terjadi lagi. Tidak ada permintaan dispensasi yang tidak betul-betul alasan kuat. Dispensasi bisa diberikan dengan alasan kuat misalnya dokter kesehatan hal-hal urgen lain,” kata Luhut.

Tinggalkan Komentar