Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

Pastikan Pelayanannya Berjalan Baik, Bea Cukai Lakukan Kunjungan

Bea Cukai

Melaksanakan salah satu fungsinya sebagai industrial assistance, Bea Cukai melakukan kunjungan ke berbagai perusahaan demi memastikan lancarnya proses pelayanan kepabeanan atau cukai. Kegiatan ini dilakukan Bea Cukai masing-masing di Bandung, Bali, dan Banjarmasin.

Bea Cukai Bandung melakukan kunjungan ke dua perusahaan penerima fasiitas kawasan berikat di Kota Cimahi, yaitu PT Namnam Fashion Industries dan PT Leuwijaya Utama Textile, (16/03). PT Namnam Fashion Industries adalah perusahaan penghasil produk garmen, sedangkan PT Leuwijaya Utama Textile adalah perusahaan penghasil kain.

“Dalam kunjungan tersebut kedua perusahaan menyampaikan kondisi bisnis, hambatan, serta apresiasinya kepada Bea Cukai Bandung atas kerja sama yang baik selama ini. Selain itu Bea Cukai Bandung juga melaksanakan asistensi mengenai IT inventory, CCTV, serta pembuatan dokumen kepabeanan,” ujar Hatta Wardhana, Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Baca juga
Optimalkan DBHCHT, Kemenkeu Turut Sejahterakan Petani Tembakau

Selanjutnya, Bea Cukai Bandung turut mendampingi Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai, Iyan Rubiyanto dalam kunjungannya ke pengusaha rokok elektronik (REL) atau yang lebih dikenal sebagai liquid vape, (22/03). Dalam kunjungan kerja ini, tim melakukan studi lapangan terkait ketentuan perizinan, khususnya terkait REL, serta berdiskusi terkait kondisi yang dihadapi oleh pengusaha REL selama ini.

Hatta mengatakan bahwa kunjungan pertama dilakukan ke PT Tujuh Karya Bersama, dan dilanjutkan ke PT Asia Vaporido Berjaya dan PT Properinspira Selaras Indonesia. Dalam kunjungannya tim menyaksikan bagaimana proses awal produksi liquid REL hingga proses finishing dan pelekatan pita cukai.

Baca juga
Bea Cukai Optimalkan Peruntukan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

“Banyaknya permintaan pasar membuat produsen liquid terus meningkat secara signifikan, sehingga asistensi dari tim dan masukan dari para pengusaha diharapkan dapat mewujudkan tertibnya administrasi demi kelancaran proses bisnis dan juga mengamankan penerimaan negara,” ujar Hatta.

Di Bali, Bea Cukai Denpasar mengadakan kunjungan bertajuk Customs Visit Customers (CVC) untuk memberikan asistensi kepada beberapa pengusaha pabrik Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) di Singaraja, (16/03).

Kunjungan dilakukan antara lain ke PT Gwan Gwan Hoo, PT Sinar Timur Sukses, PT Wico Interna, dan PT Dima International Wines. “Dalam CVC ini Tim Bea Cukai Denpasar melakukan monitoring terhadap kegiatan produksi di setiap pabrik MMEA tersebut,” terang Hatta.

Baca juga
Putus Peredaran Rokok Ilegal, Bea Cukai Gencar Laksanakan Operasi Pasar

Terakhir, Bea Cukai Banjarmasin juga melakukan CVC sekaligus asistensi ekspor kepada PT Chen Xin International sebagai produsen stick diffuser berbahan baku rotan. Dalam kunjungan ini Bea Cukai Banjarmasin disambut oleh CEO PT Chen Xin International, Mr. Chen Xin serta perwakilan dari PT Meratus Lines.

“Kami sangat antusias dengan kunjungan tim Bea Cukai Banjarmasin, kami juga menyampaikan rencana ekspor stick diffuser ke beberapa negara direct dari Banjarmasin,” ungkap Chen Xin.

“Kami berhadap melalui kunjungan ini dapat memperbaiki segala kendala dalam proses kepabeanan dan cukai di lapangan. Selain itu, kami juga berhadap ini menjadi momen peningkatan kepatuhan para pengguna jasa,” tutup Hatta.

Tinggalkan Komentar