Kamis, 18 Agustus 2022
20 Muharram 1444

Patimban, Pelabuhan Senilai Rp50 Triliun yang Janjikan 4,3 Juta Lapangan Kerja

Senin, 20 Des 2021 - 01:15 WIB
foto istimewa

Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat yang menelan anggaran sebesar Rp50 triliun juga menjanjikan bakal menciptakan 4,3 juta lapangan pekerjaan dalam 10 tahun ke depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan ketika itu. Bahkan pemerintah juga akan membangun sekolah atau pelatihan bagi para nelayan di sekitar lokasi tersebut.

Namun saat ini pelabuhan itu telah resmi berpindah tangan ke swasta yakni PT Pelabuhan Patimban Indonesia (PTI) pada Jumat (17/12/2021) lalu. Penyerahan alih kelola dipimpin oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pelabuhan Patimban berada di lokasi yang strategis sehingga memiliki multiplier effect yang tinggi. Pelabuhan ini berada di kawasan Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana) dan akan banyak industri yang berkembang di kawasan ini.

Perdana, pembangunan Patimban menciptakan 200 ribu lapangan pekerjaan terutama masyarakat yang tinggal di kawasan Patimban. Jumlah tersebut diharap akan terus bertambah seiring operasional Pelabuhan Patimban ke depan.

Baca juga
Andalkan Ekonomi Kreatif, Menteri Sandi Yakin Tercipta 20 Juta Lapangan Kerja

Setelah diserahkan kepada PT PPI, Pelabuhan Patimban langsung melayani ekspor perdana sebanyak 1.209 unit kendaraan ke Filipina, menggunakan Kapal MV Fujitrans berbendera Liberia berukuran 27.286 Gross Ton (GT).

Diharapkan, ekspor kendaraan nantinya tidak hanya ke negara tujuan ekspor yang dekat dengan Indonesia, namun juga dapat menjangkau pasar Timur Tengah, Amerika Latin, Amerika Utara dan Afrika.

Dengan dioperasikannya Pelabuhan Patimban oleh PPI setidaknya dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi logistik dan daya saing ekonomi nasional, khususnya di koridor utara Jawa sehingga dapat memberi manfaat langsung kepada masyarakat

Tinggalkan Komentar