Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

Paulus Waterpauw Dipilih jadi Pj Gubernur Papua Barat atas Usulan MRP

Paulus Waterpauw - inilah.com
Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen (purn) Paulus Waterpauw - Antara

Paulus Waterpauw Dipilih jadi Pj Gubernur Papua Barat atas Usulan MRP

Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw dinilai mampu menjaga stabilitas politik dan keamanan di wilayah tersebut. Paulus dipilih karena berpengalaman menjadi Kapolda Papua dan Papua Barat.

“Dengan segala pengalamannya, kemampuan akademik, jam terbang, kita harap (Paulus Waterpauw) bisa jaga stabilitas politik, keamanan dan pertahanan di Papua,” kata Mendagri Tito Karnavian usai melantik lima Pj Gubernur di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Kamis (12/5/2022).

Tito mengaku, rekan seangkatan saat pendidikan Polri tahun 1987 itu dikukuhkan menjadi Pj Gubernur Papua Barat atas usulan dari Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Papua Barat.

Baca juga
Motif Peretas Jebol Databases Polri Diduga Bentuk Ekspresi Politik dan Protes

“Paulus Waterpauw ini kan usulan dari Majelis Rakyat Papua, juga usulan dari beberapa lembaga yang ada di sana dan kita juga tahu dia memiliki track record di sana, dia pernah menjadi Kapolda Papua, pernah jadi Kapolda Papua Barat sendiri dan yang penting beliau putra Papua, orang asli Papua,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Benni Irwan mengatakan, ditetapkannya Paulus Waterpauw sebagai Pj Gubernur Papua Barat karena memenuhi syarat pimpinan madya atau setara eselon I.

Sebelumnya, Paulus menjabat Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kementerian Dalam Negeri.

Hari ini Tito melantik 5 Pj Gubernur karena masa jabatan Gubernur defenitif resmi berakhir. Sejumlah penjabat yang dilantik Tito yaitu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Pj Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin, Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik, Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dan Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw. [fad]

Tinggalkan Komentar