Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Payakumbuh Perkuat Branding ‘City of Randang’

Rabu, 25 Jan 2023 - 12:51 WIB
Penulis : Anton Hartono
Rendang menjadi masakan khas Sumatra Barat (foto Antara)

Sebagai tindaklanjut arahan Presiden RI Joko Widodo, Pemkot Payakumbuh, Sumatra Barat memperkuat merek City of Randang sebagai branding unggulan di wilayah tersebut.

Pj Wali Kota Payakumbuh, Rida Ananda mengakui banyaknya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khususnya produk rendang di wilayahnya, maka branding City of Randang telah menjadi branding dan bagian dari ikhtiar untuk promosi ke mancanegara.

Memperkuat branding daerah merupakan salah satu cara memperkenalkan daerah sesuai dengan arahan Jokowi saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda.

“Dalam rakornas itu, Presiden memerintahkan daerah untuk memperkuat branding sebagai keunggulan dan jati diri. Kita telah menindaklanjuti arahan itu. Sekarang, bagaimana cara memperluas hingga makin dikenal,” kata Rida, Rabu (25/1/2023).

Baca juga
BJB PESATkan UMKM di Medan Berlangsung Sukses dan Meriah

Menurutnya, branding City of Randang ini sekaligus untuk memfasilitasi kepentingan bisnis dari pelaku UMKM khsususnya produk rendang yang tentunya ini akan berdampak kepada tumbuhnya ekonomi di Payakumbuh.

“Saat ini produk rendang asal Payakumbuh telah memiliki standar kualitas untuk ekspor. Kita juga memiliki sentra IKM rendang sebagai tempat produksinya,” ujarnya.

Diketahui, rendang dari UMKM Kota Payakumbuh sudah menembus pasar internasional salah satunya dengan telah adanya bumbu rendang yang diekspor ke luar negeri salah satunya Jerman.

Untuk itu, dalam memperbesar, menggemakan dan menyukseskan branding tersebut pihaknya terus menyiapkan hulu dan hilir salah satunya dengan bekerja sama dengan banyak pihak.

Tinggalkan Komentar