Senin, 27 Juni 2022
27 Dzul Qa'dah 1443

PBNU Gelar KONBES 2022, Fokus Peraturan dan Sistem Kaderisasi NU

Jumat, 20 Mei 2022 - 17:37 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Konbes NU 2022 (Foto ist)- inilah.com
Konbes NU 2022 (Foto ist)

PBNU hari ini Jumat (20/05/2022) hingga besok menggelar Konferensi Besar (Konbes) di Hotel Yuan Garden Jakarta Pusat. Konbes agendanya akan membahas tentang berbagai peraturan perkumpulan Nahdlatul Ulama.

Ada beberapa peraturan organisasi hasil Konbes NU di Lombok pada 2017 yang perlu direvisi, disempurnakan dan disesuaikan dengan hasil-hasil Muktamar NU ke-34 di Lampung.

Panitia telah menyiapkan tiga agenda dalam bentuk rancangan peraturan perkumpulan yakni sistem kaderisasi, tata kelola perkumpulan, serta sistem kebendaharaan dan aset.

“Dulu namanya peraturan organisasi, sekarang peraturan perkumpulan. Karena anggaran dasar (AD) NU mengubah istilah organisasi menjadi perkumpulan,” kata Ketua Komite Pengarah (steering committee/SC) Konbes NU 2022, Amin Said Husni, dalam keterangan pers yang diterima inilah.com, Jumat (20/5/2022).

Amin mengatakan terdapat beberapa peraturan organisasi hasil Konbes NU di Lombok pada 2017 silam yang perlu direvisi, disempurnakan, dan disesuaikan dengan hasil-hasil Muktamar Ke-34 NU di Lampung.

Baca juga
PBNU Tertibkan Seluruh Aset Digital Milik NU

Dia menjelaskan bahwa Konbes NU 2022 ini akan membahas dan mengesahkan tiga rancangan peraturan perkumpulan yakni sistem kaderisasi, tata kelola perkumpulan, serta sistem kebendaharaan dan aset.

Dia mengatakan agendanya tunggal hanya membahas peraturan-peraturan perkumpulan yang materinya menyangkut tiga hal tersebut.

Menurut Amin, Konbes adalah bagian dari upaya konsolidasi organisasi dengan mengonsolidasikan tata kelola jam’iyah, sistem kaderisasi, serta sistem kebendaharaan dan aset.

Amin berharap, konsolidasi perkumpulan NU akan lebih kokoh sehingga gagasan-gagasan besar yang telah diamanatkan oleh Muktamar NU, lalu diterjemahkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas), dan gagasan-gagasan besar Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf akan terimplementasi lebih efektif di lapangan.

“Jadi (Konbes NU) ini merupakan prasyarat bagi terselenggaranya program-program jam’iyah secara efektif di masa-masa yang akan datang. Nanti peserta yang hadir itu adalah anggota pleno PBNU (syuriyah, a’wan, tanfidziyah, mustasyar, ketua-ketua lembaga dan badan otonom) ditambah ketua dan sekretaris PWNU se-Indonesia,” ujar Amin.

Baca juga
KPK Periksa Mardani Maming

Sementara itu Ketua panitia Konbes NU 2022, Umar Syah, mengatakan konbes kali ini dilaksanakan tanpa Munas Alim Ulama. Rencananya Munas Alim Ulama akan dilaksanakan dalam waktu dekat pasca-Konbes NU.

“Konbes NU yang diselenggarakan mulai 20 sampai tanggal 21 Mei mengagendakan dua hal pokok yang pertama kaitannya dengan masalah perkum (peraturan perkumpulan) tata kelola organisasi, kemudian yang kedua masalah perkum kaderisasi dan mekanisme serta SOP penyelenggaraan kaderisasi.

PBNU mengambil keputusan untuk menyelenggarakan Konbes tanpa Munas Alim Ulama. Kapan Munas Alim Ulama? Insya Allah dalam waktu dekat,” kata Ketua panitia Konbes NU 2022, Umar Syah dalam keterangannya yang disiarkan di TV NU.

Baca juga
Setelah Jadi Banser, Erick Thohir Sebut NU Adalah Rumah Sempurna untuk Jaga NKRI

Dia mengatakan konsolidasi perkumpulan NU akan lebih kokoh sehingga gagasan-gagasan besar yang telah diamanatkan oleh muktamar NU lalu diterjemahkan dalam rapat kerja nasional dan gagasan-gagasan besar ketua umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf akan terimplementasi lebih efektif implementasinya di lapangan.

Konbes NU 2022 akan dihadiri sedikitnya 270 peserta terdiri dari anggota pleno PBNU yang yaitu Syuriah, A’wan, Tanfidziyah, Mustasyar, ketua lembaga, ketua Badan Khusus, ketua umum badan otonom, dan ditambah ketua dan sekretaris PWNU se-Indonesia.

Tinggalkan Komentar