Sabtu, 25 Juni 2022
25 Dzul Qa'dah 1443

Peduli Industri Dalam Negeri, Bea Cukai Kunjungi Para Industri Mitra Kerja

Rabu, 18 Mei 2022 - 18:09 WIB
bea cukai

Untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa, Bea Cukai secara konsisten melakukan kegiatan customs visit customers (CVC). Kali ini pelaksanaan CVC dilakukan oleh Bea Cukai Wilayah Bali dan Nusa Tenggara bekerja sama dengan Bea Cukai Denpasar, serta Bea Cukai Tanjungpinang.

“Melalui CVC ini, selain untuk memberikan asistensi kepada para pengguna jasa, Bea Cukai juga melakukan pendalaman pengetahuan tentang proses bisnis, sehingga jika ada kendala yang dihadapi dapat segera diselesaikan secara bersama sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” ungkap Hatta Wardhana, Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan.

Pada Rabu (11/5/2022) dilakukan Kegiatan CVC ke perusahaan penerima fasilitas Gudang Berikat (GB) yaitu PT Aerofood Indonesia dan PT JAS Aero Engineering Service serta ke perusahaan penerima fasilitas Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat (TPPB) yaitu PT Nusa Dua Indonesia dan PT Nusa Dua Graha International.

Baca juga
Bea Cukai Jalin Sinergi Untuk Gali Potensi Ekspor Daerah

Kunjungan juga dilakukan ke PT Karya Tangan Indah sebagai penerima fasilitas Kawasan Berikat (KB) serta PT King Trading dan PT Warisan Eurindo sebagai penerima fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) pada Kamis (12/5/2022). CVC juga dilaksanakan ke perusahaan penerima fasilitas Toko Bebas Bea (TBB) yaitu PT Segara Akasa dan PT Dufreendo International pada Jumat (13/5/2022).

Salah satu tujuan dari program CVC ini adalah untuk memberikan pelayanan prima kepada para pengguna jasa agar kendala yang dihadapi dapat segera terselesaikan, serta sebagai upaya untuk membangun komunikasi antara Bea Cukai dengan Pengguna Jasa dan menjalin kerjasama yang lebih erat.

“Kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai trade facilitator dan industrial assistance yaitu untuk meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri melalui pemberian fasilitas di bidang kepabeanan dan cukai yang tepat sasaran serta untuk mewujudkan iklim investasi yang kondusif melalui penyederhanaan prosedur kepabeanan dan cukai,” tambah Hatta.

Baca juga
Bea Cukai Kedepankan Langkah Preventif dalam Operasi Gempur 2021

Bea Cukai Tanjungpinang melakukan kunjungan yang menyasar industri dan perusahaan yang merupakan para mitra kerja Bea Cukai. Kunjungan diawali dengan mendatangi salah satu Kawasan Berikat yang berlokasi di Kota Tanjungpinang, PT Swakarya Indah Busana. Dalam kunjungannya, Tri Hartana selaku Kepala Kantor Bea Cukai Tanjungpinang, mengamati proses bisnis yang ada di perusahaan pengelola produk tekstil menjadi pakaian jadi tersebut.

Kunjungan berlanjut ke kawasan berikat lain yang bergerak di bidang industri pengolahan karet di wilayah Kabupaten Bintan, PT Pulau Bintan Djaya.

Dalam kunjungannya di kawasan berikat tersebut, pihak pengelola mengajak Bea Cukai Tanjungpinang berkeliling melihat alur proses produksi pengolahan karet menjadi barang setengah jadi sebelum kemudian diekspor ke berbagai negara tujuan seperti Jepang, Korea, Brazil, dan Mesir.

Baca juga
Bea Cukai Asistensi Hibah Vaksin Tahap ke-75 Via Bandara Soekarno Hatta

Selain itu, pihak perusahan juga menjelaskan bagaimana adanya pandemi yang cukup berdampak ke perusahaan, terutama dengan adanya pengurangan jumlah pekerja.

Tinggalkan Komentar