Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

Pekan Depan, Jokowi Lantik Komisioner KPU dan Bawaslu

Menko Polhukam Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud MD menyebutkan Presiden Jokowi bakal melantik Komisioner KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 pada Selasa (12/4/2022). Foto: Antara

Presiden Jokowi dijadwalkan melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 pada Selasa (12/4/2022) pekan depan. Pelantikan ini dijadikan dasar Menko Polhukam Mahfud MD bahwa pemerintah fokus menyiapkan agenda Pemilu 2024.

“Ini sebagai bukti bahwa pemerintah fokus menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024 bersama KPU dan DPR dengan tetap menghormati independensi KPU dan Bawaslu,” ujar Mahfud, sewaktu memimpin rapat koordinasi terbatas di Kantor Kemenko Polhukam, Sabtu (9/4/2022).

Komisioner KPU yang bakal dilantik yaitu Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asyari, Muhammaf Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. Sedangkan Komisioner Bawaslu yaitu Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Haryono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Baca juga
Satgas BLBI Sita Aset Tanah Perusahaan Milik Tommy Soeharto Senilai Rp600 Miliar

Para Komisioner KPU yang dilantik selanjutnya bakal melanjutkan kerja anggota KPU sebelumnya yang masa baktinya habis pada 11 April 2022.

“Saya sampaikan bahwa pada Selasa, 12 April 2022, Presiden akan melantik anggota KPU dan Bawaslu yang telah dipilih secara sah melalui proses seleksi oleh panitia independen dan DPR,” lanjut Mahfud.

Dalam kesempatan tersebut, secara implisit Mahfud menyinggung situasi pro dan kontra di tengah masyarakat menyikapi wacana penundaan pemilu. Pemerintah tidak akan menghambat wacana politik dan mempersilakan masyarakat untuk menyatakan pendapatnya.

“Kebebasan seperti itu yang kita perjuangkan bahwa aspirasi politik di masyarakat harus dibuka salurannya, kemudian lembaga-lembaga politik bisa mengambil keputusan sesuai dengan aspirasi masyarakat,” kata Mahfud.

Tinggalkan Komentar