Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Pelantikan Panglima TNI yang Baru Waktunya Menyesuaikan

Rabu, 30 Nov 2022 - 11:39 WIB
pergantian Panglima TNI
Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin menyebutkan ihwal waktu pelantikan Panglima TNI yang baru dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (30/11/2022).(Foto: dok DPR)

Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin menyebut pelantikan Panglima TNI yang baru oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) waktunya bisa menyesuaikan terkait dengan berakhirnya masa jabatan Jenderal Andika Perkasa yang baru memasuki masa pensiun pada Rabu (21/12/2022).

“Ya mungkin menyesuaikan,” ucap Hasanuddin kepada Inilah.com saat dihubungi pada Rabu (30/11/2022).

TB Hasanuddin sebelumnya sempat menyebutkan Panglima TNI yang baru Laksamana Yudo Margono akan dilantik oleh Presiden Jokowi pada Rabu (7/12/2022). Namun, Jenderal Andika Perkasa baru memasuki masa pensiun pada 21 Desember mendatang.

Politikus PDIP itu juga menyinggung bahwa walaupun Jenderal Andika lahir pada tanggal 21 Desember, namun tidak mesti pensiun di tanggal 21 Desember tersebut.

Baca juga
Kolonel P Sempat Berbohong Soal Kecelakaan di Nagreg

“Tanggal lahir Andika tanggal 21, bukan berarti tanggal 21 pensiun. Pensiunnya (di TNI) 1 Januari,” ujar TB Hasanuddin.

Meski begitu, baginya tidak masalah jika waktu pelantikannya lebih cepat ataupun melebihi tanggal 21 tersebut. “Ya enggak apa apa yang penting sebelum tanggal 1 Januari,” kata TB Hasanuddin.

Sebelumnya, TB Hasanuddin mendapatkan informasi bahwa nantinya Panglima TNI yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi akan dilantik pada Rabu (7/12/2022) di Istana Negara.

“Saya dapat informasi konon (Panglima TNI) itu akan dilantik itu tanggal 7 Desember di Istana. Setelah pelantikan lalu nanti akan ada serah terima di Cilangkap,” ujar Hasanuddin saat ditemui di ruangannya di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Baca juga
TNI Bakal Cek Kejiwaan Trio Oknum Personel Pembunuh Dua Sejoli

“Antara Panglima TNI yang lama kepada Panglima TNI yang baru, di depan pasukan biasanya, begitu prosedurnya biasanya,” lanjutnya.

Tinggalkan Komentar