Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

Pembangunan Kereta Cepat Capai 80 Persen, Uji Coba Dilakukan saat Perhelatan G20

Pembangunan Kereta Cepat Capai 80 Persen, Uji Coba Dilakukan saat Perhelatan G20
Foto: istimewa

Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung bakal berlangsung pada November 2022 bertepatan dengan perhelatan Presidensi G20, demikian dikatakan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil.

“Pada November 2022, saat perhelatan G20, Kereta Cepat Jakarta Bandung akan bereksperimen memulai uji coba pengoperasian, sehingga menimbulkan semangat bahwa semua sesuai proses,” kata Ridwan Kamil di Gedung Negara Pakuan Bandung, Jabar, Kamis (7/4/2022).

Sementara Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana S Riyadi, mengatakan perkembangan pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung telah sesuai target. Saat ini, progres pembangunan kereta cepat telah mencapai 80 persen.

“Tinggal menyelesaikan errection girder box. Jadi, saat ini sudah melintasi kilometer 145, ke arah Tegalluar, Cileunyi. Dan itu memang kemarin agak lama di bawahnya ada jalan tol, sehingga kita harus hati-hati,” katanya.

Baca juga
DPR Belum Setujui Dana APBN Biayai Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kerja Sama dengan China

Setelah pemasangan errection girder box selesai, proses pembangunan menuju selesai karena tinggal memasang rel untuk laju kereta dan adapun teknik pemasangannya berbeda dengan cara konvensional.

“Untuk pemasangan rel akan menggunakan teknologi dan memakai mesin, jadi lebih cepat enggak seperti kereta api biasa,” tutupnya. [IKH]

Tinggalkan Komentar