Kamis, 08 Desember 2022
14 Jumadil Awwal 1444

Pembangunan Masjid Jami Al Quddus Dimulai Awal 2023

Senin, 14 Nov 2022 - 23:32 WIB
Kepala Dinas Pemukiman Depok - inilah.com
Kepala Disrumkim Kota Depok, Dudi Mi'raz saat konferensi pers mengenai rencana Pembangunan Masjid Jami Al Quddus di Ruang Bougenville Lantai 1 Balaikota, Jumat (11/11/2022).(Foto: Diskominfo Depok)

Masjid Jami Al Quddus akan dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pada tahun 2023. Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Kota Depok, Dudi Mi’raz menyatakan, masjid akan dibangun di lahan sekolah dasar negeri (SDN) Pondok Cina 1 Margonda.

Dudi menjelaskan kronologi persiapan yang sudah dilakukannya. Menurutnya persiapan pembangunan masjid sudah dilakukan sejak November 2021. Yang kemudian ditindaklanjuti dengan bersurat ke Pemprov Jawa Barat pada 14 Februari 2022.

Hasil bersurat tersebut terealisasi pada Maret 2022, melalui kunjungan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil ke Kota Depok. Dari kunjungan tersebut, diputuskan lokasi pembangunan akan dilakukan di SDN Pondok Cina 1.

“Karena di Margonda Raya selama ini belum ada masjid, jadi Masjid Jami Al Quddus ini dapat dimanfaatkan untuk warga yang melintas dan masyarakat sekitarnya,” kata Dudi, dikutip dari situs resmi Pemkot Depok.

Baca juga
Kala Pria Lansia Penyelamat Adik dan Teman Eril Peluk Hangat Ridwan Kamil
Masjid Jami Al Quddus - inilah.com
Masjid Jami Al Quddus

Dikatakan, Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED) pembangunan masjid agung di wilayah Margonda ini sudah selesai dibuat. Rencananya pada awal 2023, pembangunan sudah bisa dimulai.

Masjid akan berdiri di atas lahan seluas 1.603 meter persegi. Diperkirakan Agustus 2023 pembangunan telah selesai. ”Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menganggarkan dana pembangunan masjid dari APBD sebesar Rp 18,8 miliar,” jelas dia

Dia menegaskan bahwa tahapan pelaksanaan perizinan hampir tuntas, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) sudah tanda tangan bersama perwakilan masyarakat sudah setuju mengenai pembangunan Masjid Agung Jami Al Quddus.

Sebelumnya viral pelebaran trotoar menutup akses gerbang masuk dan keluar SDN Pondok Cina 1, Margonda, Depok, Jawa Barat. Atas kejadian viral tersebut, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok turun tangan.

Baca juga
Makna di Balik Foto Profil Ridwan Kamil Bergambar Eril Menatap Simbol Nama Allah

Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait, termasuk Disrumkim. Koordinasi ini terkait adanya rencana pembangunan Masjid Margonda Raya nantinya menggunakan lokasi di SDN Pondok Cina, Pondok Cina, Beji tersebut.

Citra berharap, masyarakat bisa ikut mendukung pembangunan di Kota Depok. Sebab, pembangunan ini untuk kepentingan masyarakat luas. “Kami sudah koordinasi dengan dinas terkait. Pembangunan trotoar ini juga melibatkan seluruh pihak dan atas persetujuan bersama. Nantinya, Masjid Margonda tingginya akan sama dengan trotoar yang baru dibangun ini (di Pondok Cina),” ucap Citra.

Tinggalkan Komentar