Pembukaan BRI Liga 1 Jadi Momen Kebangkitan Sepak Bola Tanah Air

Pembukaan BRI Liga 1 Jadi Momen Kebangkitan Sepak Bola Tanah Air - inilah.com

Keadaan lancarnya pertandingan pembuka BRI Liga 1 Indonesia 2021-2022 antara Bali United versus Persik Kediri di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat malam (27/8), patut disyukuri sebagai simbol bangkitnya kompetisi sepak bola Indonesia yang mati suri di masa pandemi Covid-19. Sejumlah protokol kesehatan pencegah penularan COVID-19 diberlakukan dalam penyelenggaraan BRI Liga 1 2021/2022 tersebut.
 
INILAHCOM yang hadir dalam pertandingan pembuka tersebut memantau langsung proses bagaimana penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat menjadi jaminan, antara lain dengan penerapan laga tanpa penonton, penggunaan masker untuk perangkat pendukung pertandingan, persyaratan hasil negatif antigen, hasil vaksinasi, hingga penyemprotan cairan disinfektan.

Aturan terbaru juga berdampak pada tim yang berlaga yakni Bali United kontra Persik yang berakhir 1-0 itu dilangsungkan tanpa penonton. Seluruh anggota tim juga menjalani karantina dan tes usap PCR satu hari sebelum bertanding serta memberlakukan pembatasan interaksi setiap individu di hari pertandingan.

Baca juga  Kapolda Metro Jaya Sampaikan Duka Mendalam Atas Kebakaran Lapas Tangerang

Seluruh individu yang hadir di laga pembuka itu juga harus menjalani tes usap antigen sebelum masuk ke dalam stadion serta wajib telah menjalani dua kali vaksinasi. Petugas pertandingan pun selalu menyemprotkan disinfektan kepada peralatan pertandingan, seperti bola, bangku cadangan, papan sponsor di sisi lapangan, dan gawang. Para pemain juga mencuci tangannya setiap ingin masuk dan meninggalkan lapangan untuk menuju ruang ganti.

Sejumlah aturan itu menjadi langkah yang dilakukan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk meyakinkan pemerintah bahwa sepak bola bisa mengawali era baru di kancah olahraga nasional. Di sisi lain, kehadiran kembali Liga 1 bisa menjadi hiburan mayoritas warga yang masih harus bertahan di rumah demi meredam penyebaran Covid-19.

Baca juga  Mandor di Bekasi Ngamuk Acak-Acak Kantor Pemkab

Menteri BUMN Erick Thohir dalam sesi pembukaan itu pun mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PSSI yang telah berhasil menerapkan sejumlah aturan baru demi berjalannya kompetisi BRI Liga 1.

“Dan terima kasih kepada Menteri Kesehatan bahwa kompetisi bisa berjalan dengan penerapan prokes secara ketat. Ini hadiah luar biasa untuk upaya sepak bola Indonesia,” ujar Erick Thohir.

”Pelaksanaan Liga 1 ini adalah hadiah untuk rakyat, terutama pendukung sepak bola,” ujar mantan Presiden Inter Milan itu.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga berterima kasih kepada pemerintah dan semua pihak yang berhasil menyukseskan pembukaan ini.

Baca juga  Erick Thohir: Pasar Indonesia jangan jadi Pertumbuhan Ekonomi Bangsa Lain

”Pelaksanaan Kompetisi BRI Liga 1 ini menghidupkan kembali banyak hal yang terkait sepak bola, mulai dari menggiatkan pembinaan hingga menghidupkan lagi industri olahraga yang memengaruhi perekonomian masyarakat,” kata Iriawan.