Pemerintah Akan Buka Pintu untuk Wisatawan Asing, Ini Syaratnya

Pemerintah Akan Buka Pintu untuk Wisatawan Asing, Ini Syaratnya - inilah.com
istimewa

Pemerintah akan membuka sejumlah tempat wisata yang dipromosikan kepada wisatawan asing atau mancanegara. Rencananya pembukaan tempat wisata di Indonesia akan dimulai Oktober 2021.

Dibukanya tempat wisata ternyata mengundang minat wisatawan asing untuk segera berkunjung ke Indonesia, terutama Bali. Karena itu sat ini pemerintah mengkaji membuka pintu untuk kunjungan Warga Negara Asing (WNA).

“Ada minat dari negara seperti Korea, Jepang, mungkin juga Cina, Selandia Baru, Dubai, Qatar maupun negara-negara Eropa dan Amerika,” kata Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Beberapa strategi yang disiapkan untuk kedatangan wisatawan asing yakni konsep travel corridor atau travel bubble. “Kita nanti integrasikan dengan aplikasi Pedulilindungi dan juga keharusan pariwisatawan itu sudah harus divaksin dan karantina selama beberapa hari,” jelasnya.

Baca juga  Lusa, Bali Buka Pintu untuk 6 Negara

Sementara itu untuk Bali yang kini sudah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, saat ini diakui sudah semakin baik. Jika level PPKM di Bali terus terkendali maka tidak menutup kemungkinan pemerintah akan membuka kembali pintu untuk wisatawan asing.

Tak hanya itu, pemerintah juga harus memilih negara mana saja yang dibolehkan datang ke Indonesia. Pemilihan harus berdasarkan pengendalian Covid-19 yang baik dari segi tes PCR dan memiliki kebijakan karantina yang tidak terlalu lama setelah dari Indonesia.

“Para pedagang mengaku dengan banyaknya wisatawan domestik yang datang ke Bali, mereka kembali dapat berjualan dan meraup keuntungan dari penjualan cenderamata ataupun dagangan yang lainnya,” tambahnya.

Baca juga  Amerika Serikat Waspadai Senjata Hipersonik China

Tinggalkan Komentar