Rabu, 28 September 2022
02 Rabi'ul Awwal 1444

Pemerintah Cabut Pembatasan Masuk Wisatawan Asing ke Bali dan Kepri

Senin, 31 Jan 2022 - 23:17 WIB
Penulis : Anton Hartono
Pesawat
Bandara

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyatakan wisatawan asing dari berbagai negara sudah bisa mengunjungi Pulau Bali dan Kepulauan Riau (Kepri).

Subkoordinator Humas Direktorat Jenderal Imigrasi, Kemenkumham Achmad Nur Sale mengatakan pemerintah telah memutuskan untuk mencabut pembatasan masuk wisatawan asing ke Bali dan Kepulauan Riau.

Sebelumnya, hanya 19 negara yang dapat diberikan visa kunjungan wisata untuk mengunjungi Bali dan Kepri. Hal itu dikarenakan pertimbangan kondisi penanganan COVID-19 di negara-negara tersebut.

“Kini, pelancong dari berbagai penjuru dunia sudah bisa menikmati indahnya alam Pulau Dewata dan Kepulauan Riau,” ujar Achmad

Baca juga
Pemerintah Izinkan Wisman 19 Negara Masuk Bali dan Kepri Mulai Hari Ini

Achmad Nur Saleh mengatakan ketentuan keimigrasian untuk kunjungan wisata ke Bali dan Kepri mewajibkan Warga Negara Asing (WNA) memiliki visa kunjungan.

“Pelancong asing harus mengajukan visa kunjungan wisata B211A dengan penjamin perusahaan perjalanan, bukan perorangan,” kata dia.

Selain wajib memiliki paspor dan visa, Achmad menegaskan orang asing yang akan berwisata di dua wilayah tersebut wajib mengikuti protokol kedatangan bagi pelaku perjalanan internasional sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 2 Tahun 2022.

Para wisatawan asing diharuskan memiliki sertifikat vaksinasi COVID-19 dosis lengkap, hasil Test RT-PCR, bukti kepemilikan asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan 100.000 dolar Amerika Serikat, dan bukti konfirmasi pembayaran akomodasi selama berada di Bali.

Baca juga
Tekan Penularan Omicron, RSDC Wisma Atlet Diisolasi

“Perlu diingat, mereka juga wajib menjalani karantina sesuai ketentuan Satgas Penanganan COVID-19,” ujarnya.

Menurut ketentuan Satgas Penanganan COVID-19, pintu masuk kedatangan bagi wisatawan asing hanya diizinkan melalui dua bandara yaitu Bali dan Kepulauan Riau.

Terakhir, ia mengimbau para penjamin wisatawan asing agar menaati aturan keimigrasian dan protokol kesehatan yang berlaku. Ditjen Imigrasi akan senantiasa mendukung pemulihan pariwisata Indonesia melalui penerbitan visa kunjungan wisata.

Tinggalkan Komentar