Pemerintah Didesak Jelaskan Perhitungan Tes PCR

Pemerintah Didesak Jelaskan Perhitungan Tes PCR - inilah.com
Pemerintah Diminta Jelaskan Perhitungan Tes PCR

Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak pemerintah membeberkan perhitungan penurunan tes PCR menjadi Rp300 ribu. Kementerian Kesehatan dan BPKP diminta mewakili pemerintah memberikan penjelasan.

“Dalam sejumlah pemberitaan, BPKP dan Kementerian Kesehatan tidak pernah menyampaikan informasi apapun perihal jenis komponen dan besarannya,” kata Peneliti dari ICW Wana Alamsyah melalui keterangan tertulis, Senin (1/11/2021).

Pemerintah telah berkali-kali menurunkan harga tes PCR, tapi tidak pernah dibarengi dengan penjelasan perhitungan bea modal tes tersebut.

ICW mempertanyakan alasan pemerintah tidak menerapkan harga itu sejak awal pandemi. Tudingan permainan harga PCR bisa menyerang pemerintah jika alasan penurunan harga tidak dijelaskan.

Baca juga  Pemerintah Terbitkan Aturan Baru Lagi, Semua Perjalanan Jarak Jauh via Darat Wajib Tes Antigen

“Sejak Oktober 2020 pemerintah (akan) diduga mengakomodir sejumlah kepentingan kelompok tertentu,” ujar Wana.

Atas dasar itulah pemerintah diminta menjelaskan alasan penurunan harga itu. Masyarakat dinilai memerlukan informasi tersebut.

“Kementerian Kesehatan harus membuka informasi mengenai komponen pembentuk tarif pemeriksaan PCR beserta dengan besaran persentasenya,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar