Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

Pemerintah Indonesia dan Spanyol Saling Dukung Kedaulatan

Indonesia Kedaulatan
KBRI Madrid (ist)

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Madrid mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Spanyol secara konsisten mendukung kedaulatan dan integritas teritorial masing-masing.

Komitmen sikap tersebut ditunjukkan dalam berbagai pernyataan serta pertemuan pejabat tingkat tinggi kedua negara.

Keterangan tersebut disampaikan menyusul adanya informasi di media sosial yang menduga bahwa seseorang yang mengaku sebagai Presiden United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) bertemu dengan Senat Pusat Spanyol dan seorang anggota senat Daerah otonomi Navarra dan Basque.

KBRI Madrid telah mengonfirmasi hal tersebut ke pihak-pihak terkait dan mendapat penjelasan bahwa pertemuan itu dalam kapasitas pribadi anggota senat tersebut.

Baca juga
Kalahkan Denmark 3-2, Indonesia Juara Grup C Piala Sudirman

Pihak KBRI Madrid pun memastikan bahwa kegiatan itu tidak mencerminkan sikap resmi pemerintah dan negara Spanyol yang konsisten mendukung integritas wilayah dan kedaulatan RI.

KBRI Madrid mengecam ‘petualangan oknum’ dalam mendorong separatisme yang tidak bertanggung jawab di Papua dan Papua Barat, sementara aksi tersebut dilakukan hanya untuk kepentingan pribadi.

Penyebaran hoaks dan pemutarbalikan fakta serta misinformasi, menurut KBRI Madrid, menjadi motif utamanya.

Sementara itu, KBRI Madrid juga terus melakukan komunikasi dengan pemerintah dan berbagai kalangan di Spanyol untuk memberikan pemahaman menyeluruh mengenai Indonesia, termasuk mengenai kelompok separatisme dan aksi terorisme yang hanya menimbulkan penderitaan bagi rakyat.

Tinggalkan Komentar