Kamis, 02 Februari 2023
11 Rajab 1444

Pemerintah Siapkan 10 Aturan Turunan UU IKN Nusantara

Senin, 31 Jan 2022 - 10:20 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Istana Presiden Ibu Kota Baru
Pradesain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) - twitter I Nyoman Nuarta

Kantor Staf Presiden (KSP) menyatakan pemerintah saat ini sedang menyusun 10 peraturan turunan dari Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN).

10 aturan turunan itu baik dalam bentuk Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, Keputusan Presiden, dan Peraturan Kepala Otorita IKN.

“Sepuluh aturan turunan itu meliputi tiga PP (peraturan pemerintah), lima Perpres (peraturan presiden), satu Kepres (keputusan presiden), dan satu peraturan kepala Otorita IKN,” kata Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong dalam siaran pers di Jakarta, Senin (31/1/2022).

Peraturan turunan yang dituangkan dalam bentuk Perpres, di antaranya tentang susunan dan tata cara penyelenggaraan pemerintahan daerah khusus IKN, penyiapan pembangunan dan pemindahan IKN.

Baca juga
Biayai Pembangunan Ibu Kota Negara Baru, Jakarta Dijual Rp1.000 Triliun

Selain itu, sambung Wandy, akan terdapat Perpres yang mengatur soal struktur organisasi, tugas, wewenang dan tata kerja Otorita IKN.

“Kalau soal biaya atau anggaran akan diatur dalam Peraturan Pemerintah mengenai pendanaan untuk persiapan pembangunan dan pemindahan IKN serta penyelenggaraan pemerintahan daerah khusus IKN,” jelas Wandy.

Pemerintah menargetkan penyusunan peraturan turunan UU IKN selesai dalam dua bulan sejak pengesahan UU IKN pada 18 Januari 2022 lalu.

“Naskah dari DPR saat ini sedang dirapikan dan diberi nomor UU nya,” ujar Wandy.

Sebelumnya, DPR dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-13 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022, Selasa (18/1) menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) untuk disahkan menjadi undang-undang.

Baca juga
IKN Tidak Dipimpin Kepala Daerah tapi Kepala Otorita yang Ditunjuk Presiden

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan ibu kota negara di Pulau Kalimantan diberi nama Nusantara.

Tinggalkan Komentar