Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Pemerintah Kaji Harga Tiket Candi Borobudur

Rabu, 08 Jun 2022 - 22:45 WIB
Penulis : Aria Triyudha
0606 063504 1243 Inilah.com E1654515321287 - inilah.com
Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Foto: Antara/Heru Suyitno

Pemerintah sedang mengkaji harga tiket Candi Borobudur. Langkah ini seiring keputusan menunda penerapan kenaikan harga tiket area stupa menjadi Rp750 ribu lantaran menuai protes.

“Untuk Borobudur, masih ditunda untuk dikaji kembali, ” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno seperti dikutip Antara di Baubau, Sulawesi Tenggara, Rabu (8/6/2022).

Sandiaga menjelaskan,  penundaan setelah mendengar masukan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan para ahli. Namun, ia mengungkapkan, kuota pengunjung telah ditentukan sebanyak 1.200 per hari.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sepakat menunda penerapan harga tiket Rp750 ribu bagi pengunjung yang ingin ke area stupa Candi Borobudur.

“Kita postpone (tunda) dulu,” kata Ganjar usai bertemu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan di Rumah Dinas Gubernur Jateng, Semarang, Selasa (7/6/2022).
Ganjar telah mengusulkan penundaan terkait penerapan kenaikan harga tiket area stupa tersebut.
Sebab, pemberlakuan kenaikan harga tiket memerlukan sejumlah langkah pendahuluan. Apalagi banyak masyarakat yang melayangkan protes atas rencana kenaikan harga tiket tersebut.
Menurut Ganjar, penerapan kenaikan harga tiket ke area stupa itu perlu melalui kajian bersama Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur dan Balai Konservasi Borobudur.

Mantan anggota DPR itu menjelaskan, penataan di kawasan Candi Borobudur masih terus berlangsung. Sehingga membutuhkan skema untuk mengatur wisatawan yang hendak naik ke area stupa candi. Baik dengan pembatasan kuota maupun dengan instrumen lain seperti penentuan harga tiket naik area stupa Candi Borobudur.

Baca juga
Lakukan Pertemuan Tertutup, Menko Luhut dan Ganjar Tunda Kenaikan Tiket Borobudur

Ganjar pun sudah memaparkan rencana harga tiket Rp750 ribu  khusus untuk wisatawan lokal yang hendak naik ke area stupa Candi Borobudur. Sedangkan tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan lokal dewasa sebesar Rp50 ribu.

Wisatawan yang membayar tiket masuk Rp50 ribu hanya sampai di pelataran Candi Borobudur. Artinya, tidak dapat naik ke area stupa Candi Borobudur.

 

 

Tinggalkan Komentar