Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Pemilu 2024, PDIP Diyakini Gagal ‘Hattrick’

Ilus
PDIP diyakini tidak muncul sebagai pemenang pada Pemilu 2024. Kinerja buruk pemerintahan Jokowi membawa dampak elektoral bagi partai banteng. Foto: Ilustrasi/Antara

PDIP diyakini tidak muncul sebagai pemenang pada Pemilu 2024 mendatang. Partai banteng yang telah memenangi Pemilu 2014 dan 2019 sulit untuk mendapat simpati rakyat akibat kinerja buruk pemerintahan periode kedua Presiden Jokowi.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin meyakini potensi itu. Terlebih hasil survei dari Charta Politika menyebutkan terjadi penurunan tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah sejak Januari 2021 yang kini di angka 62,3%.

“Kinerja Jokowi dan pemerintah turut serta menurunkan elektabilitas PDIP. Apalagi karena masyarakat banyak yang kecewa pada Jokowi,” kata Ujang, di Jakarta, Jumat (29/4/2022).

Menurutnya, PDIP menyadari situasi itu. Indikasinya terlihat dari pernyataan-pernyataan sejumlah kader yang mengeritisi kebijakan pemerintah untuk merebut simpati rakyat.

Baca juga
Jenderal Andika Pastikan TNI Tak Tertutup dalam Proses Hukum

“Makanya PDIP sering kritik Jokowi, agar dapat simpati rakyat,” ucapnya.

Sikap kritis itu, kata Ujang, dibutuhkan PDIP untuk membuktikan partai tersebut berpihak pada rakyat. Bila perlu, PDIP sebagai parpol pengusung utama Jokowi-Ma’ruf mulai mengambil sikap berseberangan dengan pemerintah.

“Soal masih menang atau tidak kita lihat saja perkembangannya hingga akhir nanti,” kata dia.

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno meragukan pernyataan Ujang. Alasannya, berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga, PDIP selalu berada pada urutan atas.

Hasil survei dan kerja politik PDIP, lanjut Hendrawan, akan menepis prediksi kegagalan PDIP meraih hattrick pada Pemilu 2024. “Yang mendasarkan amatannya pada hasil survei dan kerja-kerja politik di lapangan, akan membuat kesimpulan yang berbeda. Kita buktikan saja nanti,” tandasnya.

Baca juga
Kasus Pemerkosaan di Pesantren Bandung Terbongkar Usai Korban Curhat

Ajakan memenangi Pemilu 2024 juga datang dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Dia mendorong kader merapatkan barisan untuk memenangi pemilu kali ketiga secara berturut-turut.

“Kalau Wonogiri punya target, DPR RI juga punya target, nasional juga saya punya target. Bayangkan gimana PDI Perjuangan kalau ini bisa terjadi. Insya Allah, satu-satunya partai yang pernah hattrick menang tiga kali berturut-turut,” kata Puan dalam kunjungannya ke Kantor DPC PDIP Wonogiri. [WIN]

 

Tinggalkan Komentar