Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Pemilu Sela AS: Partai Demokrat Mampu Pertahankan Senat

Senin, 14 Nov 2022 - 03:41 WIB
Pemilu Sela Demokrat
(foto: CNN)

Partai Demokrat berhasil mempertahankan kendali atas Senat AS. Hasil pemilihan paruh waktu ini di luar prediksi yang memperkirakan kemenangan Partai Republik atas kedua majelis Kongres.

Kondisi ekonomi yang terjadi diperkirakan bakal memberikan penolakan terhadap partai yang berkuasa, Demokrat. Ditambah lagi dengan melonjaknya inflasi serta menurunnya popularitas sang presiden yang berasal dari partai tersebut, Joe Biden.

Partai Republik kemudian berharap untuk menunggangi dan merebut Senat serta DPR. Tetapi, menurut AFP, gelombang ini tidak tercermin dari melampaui suara.

Pada Sabtu (12/11/2022), senator petahana Demokrat Catherine Cortez Masto, berhasil memenangkan pemilu ulang di Nevada yang memberikan Demokrat 50 kursi yang dibutuhkan.

Baca juga
Bantah Adanya Bandar Gelap, Surya Paloh Tak Mau Terjebak Dialektika Rendah

Dengan kemenangan itu, Demokrat bisa memegang kendali di Senat karena Wakil Presiden Kamala Harris dapat memberikan suara yang menentukan jika majelis tinggi terbagi rata 50-50.

“Saya merasa baik dan saya menantikan beberapa tahun ke depan,” kata Biden mengomentari kemenangan partainya saat berbicara pada pertemuan para pemimpin Asia Tenggara di Phnom Penh, Minggu (13/11/2022).

Biden, yang akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Indonesia pada Senin (14/11/2022), mengatakan kendali Senat akan memperkuat posisinya dalam pembicaraan.

“Saya tahu saya datang dengan lebih kuat,” kata Biden yang saat ini sudah berada di Bali.

Baca juga
Firli Sebut KPK di Masa Lalu Jadi Alat Politik

Putaran kedua akan berlangsung di Georgia dan ditetapkan untuk 6 Desember 2022. Putaran kedua, bagi Demokrat dapat menambah mayoritas mereka.

Tinggalkan Komentar