Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Pemkot Depok Bersiap Menuju Endemi COVID-19

Pemkot Depok Bersiap Menuju Endemi COVID-19

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengatakan pihaknya sudah bersiap menuju endemi COVID-19. Pemkot Depok sudah menyiapkan tiga skenario untuk beralih dari pandemi menjadi endemi.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan indikasi menuju endemi dapat pemerintah lihat dari efektifitas penerapan vaksinasi yang sudah pemkot lakukan.

“Pertama, skenario menghadapi peralihan dari pandemi ke endemi adalah vaksinasi yang efektif,” ujarnya mengutip dari Antara.

Selain itu Pemkot akan mengelola COVID-19 ini menjadi penyakit musiman. Kebijakan ini pemkot terapkan mengacu pada pernyataan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menyebut COVID-19 seperti penyakit flu biasa.

Pemkot Depok Tetap Imbau Warga Tertib Terapkan Protokol Kesehatan

Namun, masyarakat tetap harus tertib menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus COVID-19, khususnya munculnya varian baru. Sebab COVID-19 ini terus bermutasi karena tingginya angka penularan yang terjadi.

Baca juga
Perhatian Tanda Bahaya Anak Terkena COVID-19 Perlu Perawatan Darurat

Skenario ketiga, yaitu skenario langkah ketika memasuki situasi terburuk, berupa mitigasi ancaman varian baru COVID-19. Namun ia berharap bahwa hal tersebut tak akan terjadi di masa depan.

Secara umum, kata Idris, saat ini terjadi penurunan kasus COVID-19 di Kota Depok, yakni saat ini per harinya sekira 300 kasus, dari sebelumnya sempat mencapai 2.000 kasus. Kata kunci dari suksesnya peralihan dari pandemi ke endemi adalah kedisiplin dari masyarakat.

Tinggalkan Komentar