Selasa, 16 Agustus 2022
18 Muharram 1444

Pemprov DKI Jakarta Cabut Seluruh Izin Outlet Holywings

Senin, 27 Jun 2022 - 19:06 WIB
Penulis : inilah
Editor : Fadly Zikry
Holywings ditutup - inilah.com
Holywings Indonesia

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencabut izin usaha seluruh outlet Holywings yang ada di Jakarta. Total seluruh outlet Holywings yang dicabut berjumlah 12 outlet.

Pencopotan tersebut dilakukan berdasarkan rekomendasi dan temuan pelanggaran dari dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPPKUKM).

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara resmi mencabut izin usaha seluruh outlet Holywings yang ada di Jakarta. Sesuai arahan Gubernur untuk bertindak tegas, sesuai ketentuan dan menjerakan, serta mendasarkan pada rekomendasi dan temuan dua OPD Pemprov DKI Jakarta, maka kami selaku Dinas PM-PTSP mencabut izin usaha 12 outlet Holywings di Jakarta sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta, Benny Agus Chandra dalam keterangan tertulis, Senin (26/6/2022).

Baca juga
Timnas Futsal Indonesia Gabung Grup Neraka, Pelatih Hashemzadeh Tidak Ciut

Sementara, hasil peninjauan dokumen perizinan Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA) Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, ditemukan belum adanya sertifikat jenis usaha Bar yang terverifikasi sertifikat standar KBLI 56301.

Sertifikat standar KBLI 56301 adalah Klasifikasi Baku Lingkungan Indonesia yang harus dimiliki oleh operasional usaha bar yakni sebuah usaha yang kegiatannya menghidangkan minuman beralkohol dan non-alkohol serta makanan kecil untuk umum di tempat usahanya.

Berdasar temuan itu, Holywings hanya memiliki Surat Keterangan Pengecer (SKP) Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 47221 untuk pengecer minuman beralkohol, yang mana penjualan minuman beralkohol hanya diperbolehkan untuk dibawa pulang dan tidak untuk diminum di tempat.

Baca juga
Inilah Saham-saham Pilihan Rabu, 11 Mei 2022

Namun hasil pengawasan di lapangan, Holywings Group melakukan penjualan minuman beralkohol untuk minum di tempat yang secara legalitas seharusnya memiliki Surat Keterangan Penjual Langsung (SKPL) golongan B dan C dengan PB- UMKU KBLI 56301.

“Dari 7 (Tujuh) outlet memiliki Surat Keterangan Pengecer (SKP) KBLI 47221, bahkan ada 5 outlet lainnya tidak memiliki surat tersebut,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo.

12 outlet Holywings di Jakarta yang dicabut izin operasionalnya yaitu, Holywings Tanjung Duren Utara, Holywings Kalideres, Holywings Kelapa Gading Barat, Tiger, Dragon,  Holywings PIK, Holywings Reserve Senayan, Holywings Epicentrum, Holywings Mega Kuningan, Garison, Holywings Gunawarman, dan Vandetta Gatot Soebroto.

Baca juga
Status IHSG Netral, Lima Saham Disodorkan

Tak hanya di Jakarta, sebelumnya Pemkot Bogor juga telah melakukan pembekuan izin operasional Elvis Cafe yang terafiliasi Holywings di Bogor. Pemkot Bogor juga tengah mengkaji penutupan Elvis Cafe.

Tinggalkan Komentar