Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Pemprov DKI Klaim COVID-19 Terkendali di Tengah Tren Kenaikan Kasus

Rabu, 09 Nov 2022 - 06:25 WIB
kadiskes dki inilah.com
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti. (Foto: Inilah.com/ M. Harris)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti mengklaim kasus COVID-19 terkendali, meski belakangan pihaknya mengakui terjadi angka peningkatan kasus.

“Saat ini terkendali, jadi kasus meskipun secara trennya ada peningkatan tetapi terkendali,” kata Widyastuti kepada awak media di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Perihal melonjaknya kasus imbas COVID-19 varian baru, Widyastuti enggan membeberkan. Ia cenderung berpesan agar masyarakat terus menggalakkan protokol kesehatan sekaligus percepatan vaksinasi.

“Ya poinnya tetap apapun jenis variannya, pesannya tetap adalah jaga prokes, jangan lupa akselerasi untuk cakupan booster,” lanjut dia.

Widyastuti menyebut pihaknya belum menghitung angka pasti kasus COVID-19 varian baru, yakni XBB khsusunya di DKI Jakarta. Menurutnya, Dinkes masih harus mengidentifikasi lagi pembeda dari masing-masing varian yang beredar.

Baca juga
Anies Siap Dukung Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Jakarta

“Kami harus pastikan lagi karena sedang berproses. Kami harus identifikasi betul pembeda dari masing-masing varian tersebut,” kata dia.

Senada dengan itu, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memastikan peningkatan angka kasus COVID-19 karena pengaruh Subvarian Omicron terbaru di Indonesia masih dalam situasi terkendali berdasarkan indikator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Masih terlihat tren kasus berdasarkan hasil monitoring mingguan masih naik terus. Tiga pekan terakhir ini naik dari semula 18 persen, 40 persen, naik lagi 56 persen dan belum sampai ke puncak,” katanya dalam Rapat Kerja Kemenkes bersama Komisi IX DPR RI yang diikuti dalam jaringan di Jakarta, Selasa.

Baca juga
Inilah Saham-saham Pilihan Rabu, 2 Februari 2022

Kemenkes melaporkan total kasus COVID-19 subvarian baru Omicron XBB dan XBB.1 di Indonesia sebanyak 12 orang berdasarkat data 3 November 2022.

Tinggalkan Komentar