Pemuda Muhammadiyah Lanjutkan Gerakan Satu Kader, Satu Pohon

Foto Dok.Pri - inilah.com
Foto Dok.Pri

Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah menggelar kembali gerakan “Satu Kader, Satu Pohon” konservasi penanaman pohon bernama “Sabuk Gunung”, Selasa (14/12). Ratusan ribu penanaman batang pohon dilakukan di lereng Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prahu.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Cak Nanto mengungkapkan gerakan  Satu kader, satu pohon ini bertujuan menyelamatkan mata air, menghindarkan longsor dan kerusakan alam.

“Pemerintah bersama masyarakat Kabupaten Temanggung melaksanakan Selaras dengan gerakan ‘satu kader, satu pohon’ yang saya canangkan di Kabupaten Tegal beberapa waktu lalu,” ungkap  Cak Nanto dalam keterangan persnya kepada Inilah.com, Selasa (14/12).

Dalam program ini, Pemuda Muhammadiyah menanam 110.000 batang bibit pohon konservasi yang terdiri dari 70 ribu batang bibit pohon bambu, 20 ribu batang bibit pohon beringin, dan 20 ribu batang bibit pohon aren.

Baca juga  Foto: Penerapan Micro Lockdown di 4 RT Krukut

 - inilah.com

“Gerakan ini merupakan wujud komitmen kami Pemuda Muhammadiyah dalam rangka mengarusutamakan ekologi dan lingkungan hidup terutama terkait dengan keberadaan pohon sebagai simbol sekaligus alat revitalisasi alam kita,” imbuhnya.

Cak Nanto berharap kegiatan yang dilakukan di Jawa Tengah ini juga menginspirasi Pemuda Muhammadiyah di daerah lainnya untuk saling berlomba-lomba dalam melakukan dakwah ekologi.

“Ikhtiar ini juga merupakan bagian dari dakwah ekologi Pemuda Muhammadiyah. Dan juga merupakan kewajiban kita sebagai khalifatullah fil ‘ardh dalam menjaga lingkungan (antroposentrisme). Semoga giat dakwah semacam ini mampu menghasilkan resonansi positif bagi seluruh kader Pemuda Muhammadiyah di penjuru negeri ini. Pemuda Muhammadiyah, mari merawat alam menebar manfaat,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar