Jumat, 07 Oktober 2022
11 Rabi'ul Awwal 1444

Penambahan DOB Pengaruhi Pemilu, KPU Perlu Cari Solusi

Kamis, 07 Jul 2022 - 23:03 WIB
Img 20220703 Wa0037 1 - inilah.com
Ilustrasi pemilu. Foto: Antara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) diingatkan mencari solusi atas persoalan yang akan timbul terkait Pemilu 2024 imbas penambahan Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. Salah satunya menyangkut daerah pemilihan (Dapil) dalam Pemilu 2024.

“KPU harus dapat menyesuaikan dengan menemukan jalan terbaik,” kata pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, Kamis (7/7/2022).

Ujang menjelaskan, KPU harus mampu mendapatkan solusi terbaik lantaran tahapan pemilu saat ini sudah berjalan. Ia memprediksi terdapat kemungkinan akan ada revisi Undang-Undang (UU) Pemilu.

“KPU itu penyelenggara pemilu. Jadi mereka harus bekerja atas dasar UU. Jika ada dapil yang baru, maka harus ada revisi UU harus direvisi,” tegas Ujang.

Baca juga
DPR Perlu Jelaskan Sistem Peringkat Pemilihan Anggota KPU-Bawaslu 2022-2027

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani telah mengingatkan KPU bersama Komisi II DPR RI segera mengambil langkah strategis terkait bertambahnya DOB. Langkah ini terutama menyangkut penuntasan maupun penyelerasan terhadap aturan main pemilu.

Puan menjelaskan, penambahan DOB akan berpengaruh terhadap pelaksanaan pemilu yang akan datang. Dia pun mengizinkan Komisi II DPR menggunakan masa reses untuk menggelar rapat dengan KPU agar sejumlah perubahan aturan kepemiluan dapat segera tuntas.

 

Tinggalkan Komentar