Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Pencak Silat dan Dayung Raih Emas Perdana Indonesia di SEA Games 2021

Emas Perdana- inilah.com
Pedayung Ardi Risedi (kanan) dan Kakan Rusmana berselebrasi usai pengalungan medali nomor lightweight man's double scull cabana saying SEA Games 2021 di Hai Phong, Vietnam, Rabu (11/5/2022) (Foto Antara)

Kontingen Merah Putih hingga Rabu (11/05/2022) sore ini berhasil meraih emas perdananya melalui cabang olahraga pencak silat dan cabang olahraga Dayung.

Dua pesilat putri andalan Indonesia Riska Hermawan dan Ririn Rinasih berhasil menyumbangkan medali emas pertama dari cabang olahraga pencak silat pada ajang SEA Games ke-31 setelah mengalahkan pasangan tuan rumah Vietnam di Bac Tu Liem Stadium, Hanoi, Rabu (11/05/2022). Sementara di tempat lain Atlet Dayung Kakan Rusmana dan Ardi Isedi pada nomor lighweight man’s double sculls (LM2X) turut meraih Emas.

Pesilat putri Ririn/Riska sumbang emas

Tampil dalam nomor seni ganda, pesilat putri Indonesia ini tampil memukau di hadapan 10 juri dengan mengumpulkan total 9.955 poin, sementara pasangan bersaudara wakil tuan rumah Nguyen Thi Thu Ha dan Nguyen Thi Huyen hanya mampu mengemas 9.925 angka.

Baca juga
Target Realistis Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam

Dengan mengenakan pakaian hitam berserta asesoris penutup kepala dan selendang di pinggang berwarna dominan merah, Ririn/Riska tampil apik menutup setiap jurus dengan kompak.

Dukungan dari rekan sesama atlet semakin membuat Riska dan Ririn bersemangat hingga menyuguhkan seni silat yang memukau saat memperagakan gerakan bela diri menggunakan golok dan toya selama 3.01 menit.

Kontingen Merah Putih juga menambah dua medali perak lewat pesilat Puspa Arum Sari yang harus puas sebagai runnerup nomor seni tunggal putri setelah kalah dari pesilat Filipina Mary Francine Padios Cezar di Bac Tu Liem Gymnasium.

Indonesia ke peringkat tiga

Pada waktu yang bersamaan, Indonesia meraih medali emas cabang olahraga dayung lewat Kakan Rusmana dan Ardi Isedi.

Baca juga
Timnas Indonesia Hadapi Malaysia Perebutan Perunggu, Pelampiasan yang Pas!

Kakan Rusmana dan Ardi Isedi sendiri masuk kedalam nomor lightweight man’s double sculls (LM2X).

Indonesia mengirimkan 34 atlet pada cabang olahraga rowing dengan rincian 18 putra dan 16 putri.

Adapun pada SEA Games Vietnam, Indonesia berkekuatan 499 atlet yang berpartisipasi pada 32 cabang olahraga. Jumlah tersebut berkurang hampir separuh dibanding edisi 2019 ketika Merah Putih menerjunkan 841 atlet ke “multievent” dua tahunan itu.

Vietnam saat ini mengambil alih puncak klasemen medali dengan tujuh emas, enam perak dan lima perunggu, menggeser Malaysia ke peringkat dua dengan enam emas, satu perak dan empat perunggu. Indonesia sementara ini menempati peringkat tiga dengan tiga emas dan empat perak.

Tinggalkan Komentar