Penelitian, Manfaat 10 Menit Berlari Tingkatkan Aktivitas Otak

Berlari Adalah
istimewa

Berlari adalah salah satu cara untuk dapat meningkatkan kesehatan. Dengan berlari, Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan fisik juga juga mental. Lari menjadi salah satu olahraga yang murah dan mudah diakses.

Lari adalah kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, memperkuat otot, dan meningkatkan kekuatan tulang. Selain manfaat fisik ini, lari dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental.

Sebuah tim ilmuwan di Universitas Tsukuba di Jepang baru-baru ini menyelesaikan studi skala kecil yang menunjukkan bahwa hanya 10 menit lari dengan intensitas sedang meningkatkan mood dan proses eksekutif.

Pencitraan otak menunjukkan bahwa berlari meningkatkan aliran darah lokal ke berbagai bagian korteks prefrontal setelah sesi dibandingkan dengan tidak berlari. Korteks prefrontal memainkan peran penting dalam mengendalikan suasana hati dan fungsi eksekutif.

Baca juga  Kemenkes Periksa Hasil PCR Ashanty Pastikan Terpapar Omicron atau Tidak

Berlari pengaruhi fungsi otak

Otak harus memproses sejumlah besar informasi sensorik untuk mengoordinasikan gerakan berlari sambil menjaga keseimbangan tubuh. Mungkin karena alasan ini, penelitian telah menunjukkan bahwa korteks prefrontal menjadi aktif saat berlari. Ini dapat pengaruhi fungsi otak.

Selain itu, dampak mekanis dari berlari meningkatkan sirkulasi darah, yang juga dapat bermanfaat bagi aktivitas otak.

Para ilmuwan juga telah menyelidiki gerakan kepala naik-turun yang terjadi saat berlari pada hewan. Mereka telah menyimpulkan bahwa gerakan ini dapat berkontribusi pada regulasi reseptor serotonin di korteks prefrontal. Ini, pada gilirannya, dapat berperan dalam meningkatkan suasana hati dan kontrol kognitif.

Baca juga  Hasil Undian Grup Piala AFF 2020: Indonesia Jumpa Vietnam

“Kami ingin mendorong orang-orang, terutama orang-orang yang rentan, untuk menjaga tubuh dan otak mereka tetap fit menggunakan model latihan minimal kami,” kata Marilyn Moffat, profesor terapi fisik di New York University Steinhardt School of Culture, Education, and Human Development di New York City seperti yang dikutip dari medicalnewstoday, Senin, (20/12/2021).

Beberapa bukti menunjukkan bahwa olahraga teratur meningkatkan ukuran hippocampus, yang merupakan bagian penting dari otak untuk penyimpanan memori. Prof. Moffat bertanya-tanya apakah ini mungkin berperan dalam efek yang dilihat tim dalam penelitian ini.

Masih menurutnya, 10 menit lari dengan intensitas sedang adalah bentuk latihan yang mudah diakses yang membutuhkan peralatan minimal.

Tinggalkan Komentar