Pengacara Maskur Husain Dituntut 10 Tahun Penjara

Whatsapp Image 2021 11 11 At 15.10.31 - inilah.com
Sidang Pengadilan Tipikor Jakarta

Terdakwa sekaligus Pengacara Maskur Husain dituntut hukuman selama sepuluh (10) tahun penjara. Hukuman itu diyakini sesuai dengan keterlibatannya dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di Tanjungbalai.

“Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama sepuluh tahun dan pidana denda sejumlah Rp500 juta subsider enam bulan kurungan,” kata jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK Lie Putra Setiawan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin, (6/12/2021).

Jaksa juga meminta Maskur diberikan hukuman pengganti sejumlah Rp8,72 miliar dan USD36 ribu. Uang itu wajib dibayar dalam waktu sebulan setelah pidana berkekuatan hukum tetap.

Jaksa akan melelang harta benda Maskur jika uang itu tidak dibayarkan. Uang dari hasil lelang akan diserahkan ke negara untuk membayar pidana pengganti.

Baca juga  Azis Syamsuddin Disebut Minta 'Diamankan' dari Kejaran KPK

“Dalam hal terdakwa, terpidana tidak mempunya harta benda yang tercukupi untuk mengganti uang pengganti maka diganti pidana penjara selama lima tahun,” tutur Lie.

Hukuman itu dinilai pantas untuk Maskur karena dinilai telah mencoreng citra advokat. Lalu, hukuman itu pantas untuknya karena tidak mengakui kesalahan.

“Hal yang meringankan terdakwa berbuat sopan selama pemeriksaan persidangan, terdakwa belum pernah dihukum,” tutur Lie.

Tinggalkan Komentar