Pengaruh Kualitas Sperma Usai Terinfeksi Covid-19

Pengaruh Kualitas Sperma Usai Terinfeksi Covid-19 - inilah.com
Foto: Istimewa

Apakah terinfeksi covid-19 dapat menurunkan kualitas sperma?

Jawaban:

Covid-19 tidak hanya menyerang paru-paru. Ternyata, virus yang berasal dari Wuhan tersebut juga merusak aset paling berharga milik para pria, yaitu testis.

Menurut Jefryat Albari Tribowo residen dokter spesialis Andrologi, menjelaskan pada akun instagram resminya @jefryat, Jakarta, Rabu, (01/09/2021), covid-19 mengakibatkan menurunnya kualitas sperma pria.

Bahkan, masih menurutnya, terdapat penelitian yang menyebutkan virus penyebab covid-19 ini ditemukan pada testis pria dan cairan sperma.

Pada testis pria, terdapat reseptor pintu masuk dari virus covid-19. Sehingga, dapat terjadi kerusakan pada testis yang dapat mengganggu kualitas sperma.

Baca juga  Edarkan Kotak Amal Harus Izin?

Jika mengalami penuluran sperma, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu, salah satunya dengan pemeriksaan laboratorium analisis untuk mengetahui kondisi sperma. Konsultasikan hasil pemeriksaan dengan dokter Andrologi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

“Kemudian, solusi agar tidak terjadi hal tersebut adalah dengan vaksin. Jefryat menjelaskan, hasil penelitian menunjukkan vaksin dosis penuh tidak mengganggu kualitas sperma pria,” katanya.

Namun, jika seseorang pernah menjadi penyintas covid-19 dan sedang ingin program hamil, sangat disarankan untuk memeriksakan sperma dan berkonsultasi dengan dokter spesialis Andrologi.

Tinggalkan Komentar