Sabtu, 25 Juni 2022
25 Dzul Qa'dah 1443

Pengumuman Capres Usulan PKS Tunggu Putusan Majelis Syuro

Selasa, 21 Jun 2022 - 15:06 WIB
Antarafoto Rapimnas Dpp Pks 2022 200622 Riv 7(1) - inilah.com
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (kiri) bersama Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohammad Sohibul Iman (kedua kiri), Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi (kedua kanan) dan Bendahara Umum PKS Mahfudz Abdurrahman (kanan) menghadiri Rapimnas DPP PKS 2022 di Jakarta, Senin (20/6/2022). Rapimnas yang diselenggarakan pada tanggal 20-21 Juni 2022 itu beragendakan penentuan kriteria calon presiden yang bakal diusung oleh PKS dalam Pemilu 2024. Foto: Antara

Hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PKS yang membahas calon presiden (capres) usulan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) seluruh Indonesia tidak diumumkan kepada publik. Pengumuman resmi capres yang diusung PKS bakal disampaikan oleh Majelis Syuro.

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, memastikan usulan capres dari DPW sudah diterima DPP untuk nantinya diserahkan kepada Majelis Syuro yang diketuai Salim Segaf Al Jufri. Nama-nama yang diusulkan terdiri atas kader PKS dan figur dari luar partai.

“Merespons usulan DPW PKS se-Indonesia terkait bakal capres dan wapres itu akan disampaikan kepada Majelis Syuro PKS. Baik kandidat internal maupun eksternal. Terkait nama sudah menjadi ranah Majelis Syuro,” kata Syaikhu saat konferensi pers di Hotel Grand Sahid Jaya, Selasa (21/6/2022).

Baca juga
Kapasitas Penonton Formula E Tetap 50 Ribu, Harga Tiket Bervariasi

Sekjen PKS, Aboe Bakar Al-habsyi menyebutkan, partai memprioritaskan kader untuk diusung pada Pilpres 2024 selama memiliki elektabilitas yang mumpuni. Namun PKS juga membuka pintu untuk pihak eksternal untuk diusung.

“Begitu masuk Majelis Syuro tidak ada yang tereliminasi, cuma kadar kelasnya lebih tinggi rendahnya untuk dipilih nanti,” pungkasnya.

Gubernur DKI Anies Baswedan kemungkinan bakal diusung sebagai calon presiden (capres) oleh PKS pada Pilpres 2024. Pasalnya hasil survei internal PKS mengungkapkan masyarakat pada akar rumput dominan memilih Anies sebagai capres.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohammad Sohibul Iman menyebutkan, rapimnas digelar untuk memetakan nama-nama yang berpeluang untuk diusung, sekaligus memastikan adanya dampak efek ekor jas kepada partai. Rapimnas juga membahas parpol yang potensi digandeng untuk koalisi.

Baca juga
Ini Tanda Penurunan Muka Tanah di Jakarta Makin Berkurang

“Hasil survei, banyak pemilih PKS cenderung kepada Anies Baswedan,” kata Sohibul Iman.

Dia tidak menampik adanya nama-nama kepala daerah lain yang menjadi aspirasi internal. Bahkan nama Menhan Prabowo Subianto juga masuk bursa capres.

Sohibul mengungkapkan, panitia rapimnas bakal meminta kepada ketua dewan pimpinan wilayah (DPW) PKS seluruh Indonesia untuk menyampaikan pendapat terkait nama-nama bakal capres. “Kemungkinan mereka menyebutkan tiga nama,” ujarnya.

Sohibul mengungkapkan PKS telah memutuskan dalam musyawarah Majelis Syuro, menokohkan Salim Segaf Aljufri menjadi tokoh nasional. Posisi Salim juga bakal dibahas apakah nantinya menjadi capres, cawapres atau king maker pada 2024.

Baca juga
Gubernur Anies Sebut Pengoperasian Bus Listrik Transjakarta Sesuai Rekomendasi IPCC PBB

 

Tinggalkan Komentar