Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Pengurus Wilayah Nasdem Tidak Didikte Usul Kandidat Capres

Rabu, 15 Jun 2022 - 21:05 WIB
1655291031931 - inilah.com
Ketum Nasdem, Surya Paloh, bakal memutuskan tiga nama bakal capres Nasdem pada Pilpres 2024. Diumumkan dalam rakernas yang digelar di Balai Sidang hingga 17 Juni 2022. Foto: Inilah.com/Safarian Shah

Penjaringan bakal capres yang diusung Partai Nasdem dari pengurus wilayah tidak didikte. Waketum Nasdem, Ahmad Ali mengungkapkan, seluruh DPW diberi kebebasan untuk mengusulkan kandidat capres mengikuti aspirasi dari akar rumput.

Menurut Ali, DPW memahami aspirasi masyarakat pada wilayahnya masing-masing. Namun dia tidak menepis kemungkinan besar nama yang diusulkan merupakan kepala daerah.

“Karena DPP tidak membatasi atau mengarahkan wilayah dengan nama-nama tertentu. Kita tidak mau mendikte DPW dan mengarahkan nama-nama tertentu,” kata Ahmad Ali saat ditemui usai Apel Siaga Garda Pemuda NasDem di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Dia menyebutkan, kemungkinan DPW bakal mengusulkan nama Gubernur DKI Anies Baswedan dan kepala daerah lainnya yang dianggap mumpuni diusung menjadi bakal capres Nasdem. “Walaupun itu selentingan, wilayah sudah menyampaikan di beberapa media. Kita akan lihat secara resminya seperti apa,” sambungnya.

Baca juga
Jangan Jadi Ajang Adu Domba, Pemilu 2024 Titik Balik Sembuhkan Luka Demokrasi

Sebelumnya, Ketum Nasdem Surya Paloh menegaskan, pengurus pusat akan menampung aspirasi kandidat capres dari tingkat provinsi. Setiap DPW nantinya bakal mengusulkan tiga hingga lima nama bakal capres.

Selaku ketum, bos Media Group itu akan menyortirnya menjadi tiga nama yang bakal diumumkan sebelum menutup Rakernas Nasdem yang digelar di Balai Sidang Senayan, hingga 17 Juni 2022.

“Itu menjadi kesepakatan semua DPW dan peserta rakernas yang akan merekomendasikan kepada saya,” kata Paloh. [WIN]

Tinggalkan Komentar