Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Pengusaha Tajir Swiss Pertimbangkan Beli Chelsea dari Roman Abramovic

Rabu, 02 Mar 2022 - 22:51 WIB
Pengusaha Tajir Swiss
Hansjorg Wyss (ist)

Pengusaha kaya asal Swiss, Hansjorg Wyss, kabarnya tengah mempertimbangkan untuk membeli klub Inggris Chelsea dari Roman Abramovich.

Kepada surat kabar Swiss, Blick, Wyss mengatakan bahwa anggota parlemen Inggris sedang memberikan serangkaian sanksi terhadap Abramovic, miliarder asal Rusia.

Seperti yang diketahui, dunia olahraga saat ini sedang memutuskan ikatan mereka dengan Rusia setelah negara tersebut memutuskan untuk menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu.

“Abramovich saat ini sedang mencoba untuk menjual semua vila miliknya di Inggris. Dia juga ingin segera menjual Chelsea sekarang. Saya, bersama tiga orang lainnya, menerima tawaran pada hari Selasa untuk membeli Chelsea dari Abramovich,” kata Wyss kepada Blick, seperti dilansir Reuters, Rabu (2/3/2022).

Baca juga
Gol ke-700 Ronaldo Bawa MU Gilas Everton di Goodison Park

Sejauh ini, juru bicara Abramovich belum memberikan komentar terkait berita tersebut.

Wyss mengatakan bahwa dia harus menunggu empat atau lima hari untuk melihat bagaimana situasi di parlemen Inggris. Dia juga menegaskan bahwa membeli Chelsea tidak akan mudah untuk dilakukan.

“Abramovich meminta terlalu banyak saat ini. Anda tahu: Chelsea berutang padanya 2 miliar poundsterling (sekitar Rp38,4 triliun). Namun, Chelsea tidak punya uang. Artinya: mereka yang membeli Chelsea harus memberi kompensasi kepada Abramovich,” kata Wyss kepada Blick.

Akhir pekan lalu, Abramovich mengatakan bahwa dia menyerahkan kepengurusan klub kepada wali yayasan amal mereka setelah seruan agar dia dikenakan sanksi menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga
Chelsea Gelontorkan Rp1,2 Triliun untuk Dapatkan Matthijs de Ligt

Sejak itu, beberapa individu dan entitas Rusia telah dikenai sanksi oleh pemerintah Inggris dan beberapa anggota parlemen oposisi Inggris mengatakan Abramovich harus dimasukkan dalam daftar itu.

Salah satunya anggota parlemen, Chris Bryant mengatakan bahwa Inggris harus menyita aset Abramovic dan melarangnya memiliki klub sepak bola.

Abramovich membeli klub London Barat tersebut pada tahun 2003 dan dia mampu mengubah Chelsea menjadi salah satu klub top dunia. Setelah dimiliki oleh Abramovich, The Blues memenangkan lima gelar Liga Premier Inggris, lima Piala FA, dan dua trofi Liga Champions.

Tinggalkan Komentar