Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Penjelasan Gol ‘Kontroversial’ Jepang yang Bikin Jerman Pulang

Jumat, 02 Des 2022 - 11:51 WIB
Klasemen Akhir Grup E
Jepang tampil fantastis di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan dua tim kuat Eropa, Spanyol dan Jerman, sehingga berhasil lolos ke fase 16 besar sebagai juara grup. (foto: Getty Images)

Pertandingan piala dunia antara Jepang melawan Spanyol sempat diwarnai kontroversi. Kontroversi tersebut terjadi lantaran sahnya gol kedua Jepang. Padahal, sejumlah pihak menganggap gol yang tercipta oleh Ao Tanaka pada menit ke-51 tidak sah. Alasannya, bola telah lebih dahulu keluar dari lapangan.

Kontroversi dan Penjelasan

Bermula dari umpan Ritsu Doan ke tiang dua Timnas Spanyol. Namun, saat itu bola mengalir terlalu deras. Tapi, Kaoru Mitoma tetap berusaha mengejar bola itu.

Kaoru Mitoma sampai menjatuhkan diri untuk menyelamatkan bola agar tidak out dan ia berhasil. Bola lalu mengarah ke bibir gawang Spanyol. Ao Tanaka lantas tinggal menyambar bola dengan lututnya. Gol kedua pun tercipta oleh Timnas Jepang.

Baca juga
Jepang Berencana Longgarkan Aturan Masuk untuk Turis Asing

Kendati demikian, ketika Mitoma mengejar bola, terlihat bola seperti sudah keluar lapangan atau melewati garis. Lewat tayangan ulang, hal itu terlihat jelas.

Wasit Victor Gomes agak lama saat meninjau Video Assistant Referee (VAR) guna menilai hal penting tersebut. Usai meninjau, wasit membunyikan peluit dan akhirnya gol tersebut sah.

FIFA pun juga menjelaskan bahwa gol tersebut sah karena bola belum sepenuhnya keluar. “Gol kedua Jepang harus dicek oleh VAR, tetapi Mitoma melakukan umpan silang yang cukup untuk Tanaka sebelum seluruh bola melewati garis,” kata FIFA.

Akun instagram @givemesport juga menyebut, masalah bola yang terlihat seperti keluar garis merupakan hanya beberapa sudut pengambilan gambar yang tidak rinci. Andai di ambil dari angle bagian atas, maka terlihat ada lengkungan bola yang masih berada di atas garis lapangan alias belum keluar.

Baca juga
Jelang Piala Dunia Qatar, Robert Page Gantikan Ryan Giggs di Wales

Akun tersebut juga menyebut, penggunaan teknologi sensor pada bola juga kian memudahkan wasit untuk mendapatkan gambaran situasi terakhir sebelum suatu kejadian terjadi.

“Jika Anda membutuhkan bukti bahwa gawang Jepang tidak melewati batas. Ini dia. Teknologi garis gawang bekerja dengan sempurna. Keadilan telah diberikan kepada jerman,” jelas akun itu melalui sebuah video singkat.

Gol kontroversial tersebut tak hanya memberi kemenangan Jepang atas Spanyol, akan tetapi juga menyingkirkan Jerman dari Piala Dunia 2022.

Jerman yang diprediksi bakal lolos dari babak penyisihan grup bersama Spanyol harus meratapi nasib mereka seperti Piala Dunia 2018 yang lalu.

Baca juga
Presiden Jokowi Mendarat di Tanah Air Usai Lawatan Tiga Negara

Sedangkan untuk Jepang, kemenangan tersebut membuat mereka berhak lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan menyandang status juara grup.

Tinggalkan Komentar