Penjelasan Pemerintah Kenapa Harga PCR Indonesia Lebih Mahal Dibanding India

Penjelasan Pemerintah Kenapa Harga PCR Indonesia Lebih Mahal Dibanding India - inilah.com
Menkes Budi Gunadi Sadikin. ist

Pemerintah memberikan penjelasan mengapa harga tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di India lebih murah dibandingkan Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi sadikin mengatakan, harga tes PCR di India bisa dipangkas karena memproduksi alat tes sendiri.

“Mereka punya produksi di dalam negeri, kemudian economic cost-nya karena jumlah rakyatnya 2 billion (2 miliar) itu tercapai,” kata Budi di akun Youtube Perekonomian RI, Selasa (26/10/2021).

Budi bahkan menyatakan, harga PCR di Indonesia sudah sangat murah dibanding negara lain. Harga tes PCR di India sendiri senilai Rp160 ribu, bahkan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebut harga tes PCR di India hanya Rp96 ribu.

Baca juga  Rakyat Sedang Susah, Peneliti AEPI: Tes PCR Seharusnya Tidak Dibisniskan

“Untuk informasi, harga PCR yang ditentukan oleh Pak Presiden kemarin (Rp300 ribu), itu sudah 10 persen paling bawah, paling murah dibandingkan dengan harga test PCR di seluruh dunia,” ujar Budi

Seperti diketahui, pemerintah mewajibkan aturan tes PCR untuk penerbangan. Bahkan pemerintah juga merencanakan mewajibkan PCR untuk semua jenis transportasi. Sesuai arahan Presiden Jokowi, harga tes PCR turun dari harga tertinggi Rp1,5 juta menjadi Rp300 ribu. Namun harga ini dinilai masih sangat mahal. Pertanyan juga muncul berapa harga PCR sebenarnya karena bisa ditekan hingga ke angka Rp300 ribu.

Tinggalkan Komentar