Selasa, 27 September 2022
01 Rabi'ul Awwal 1444

Pensiun dari Formula 1, Sebastian Vettel Ingin Fokus ke Keluarga

Jumat, 29 Jul 2022 - 18:02 WIB
Vettel Pensiun
Sebastian Vettel (foto: motorsport.com)

Kabar Sebastian Vettel pensiun dari ajang balap jet darat Formula 1 membuat fans terkejut. Pasalnya kabar ini diumumkan langsung oleh Vettel melalui akun Instagram-nya secara mendadak.

Sang juara dunia empat kali itu memutuskan untuk pensiun setelah melewati seluruh tahapan race di akhir musim 2022 nanti.

“Dengan ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari Formula 1 pada akhir musim 2022,” kata Vettel pada Kamis, (28/7/2022) malam.

Pada unggahan video Reels berdurasi 4 menit tersebut, Vettel mengungkapkan bahwa ia telah lama mempertimbangkan dan memutuskan pensiun dari ajang Formula 1. Dalam unggahan itu, Vettel juga menjelaskan secara rinci alasan ia pensiun.

Pebalap 35 tahun itu menyebutkan bahwa ia sangat mencintai olahraga Formula 1, namun di samping itu ia merasa bahwa ia juga memiliki kehidupan lain di luar lintasan balapan.

Baca juga
F1: Verstappen Berjaya di Kandang, Persaingan Makin Memanas

“Saya mencintai olahraga ini. Tapi walaupun saya menyukai kehidupan di trek, saya juga memiliki kehidupan diluar trek,” kata Vettel.

Selain itu, Vettel juga menjelaskan bahwa identitasnya bukan hanya ingin menjadi seorang pembalap di ajang Formula 1. Ia menyatakan bahwa dirinya juga merupakan seorang ayah dari tiga orang anak dan suami dari wanita yang luar biasa.

“Saya Sebastian, ayah dari tiga orang anak dan suami dari wanita yang luar biasa. Saya telah menumbuhkan keluarga dan saya senang berada di sekitar mereka. Saya telah menumbuhkan minat lain di luar Formula 1. Gairah saya untuk balap dan Formula 1 datang dengan banyak waktu. menghabiskan jauh dari mereka dan membutuhkan banyak energi,” jelas pria berkebangsaan Jerman itu.

Baca juga
Formula 1 GP Belgia: Max Verstappen Rebut Pole Position

Selain itu, Vettel dengan bersungguh-sungguh mengatakan bahwa ia ingin lebih berkomitmen dan fokus terhadap keluarganya setelah pensiun sebagai pembalap pada ajang Formula 1.

“Tujuan saya telah berubah dari memenangkan perlombaan, dan berjuang untuk kejuaraan menjadi melihat anak-anak saya tumbuh dengan meneruskan nilai-nilai saya, membantu mereka bangkit ketika mereka jatuh, mendengarkan mereka ketika mereka membutuhkan saya, dan membiarkan saya menginspirasi mereka,” ujar Vettel.

Sebastian Vettel telah menjadi pembalap Formula 1 sejak 2007 lalu. Sepanjang kariernya, ia berhasil memenangkan empat gelar juara dunia pada rentang waktu tahun 2010 hingga 2013.

Musim ini, Vettel memperkuat tim Aston Martin. Namun, prestasinya tidak terlalu baik. Saat ini, mantan punggawa tim Ferrari dan Red Bull tersebut hanya berada di urutan ke-14 klasemen pebalap F1. [ikh]

Tinggalkan Komentar