Pensiun Menteri, Bambang Brodjo Dapat Durian Runtuh, Enam Komisaris di Perusahaan Kakap

Pensiun Menteri, Bambang Brodjo Dapat Durian Runtuh, Enam Komisaris di Perusahaan Kakap  - inilah.com

Jumat kemarin (27/8/2021), bisa menjadi hari yang tak terlupakan sepanjang umur Bambang PS Brodjonegoro. Lantaran, dia ditunjuk menjadi komisaris PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan kakap milik kong Anthoni Salim itu, Bambang Brodjo, sapaan akrabnya, ditunjuk sebagai komisaris independen. Ada catatan spektakular di balik capaian ini. Apa itu?  Bambang Brodjo yang mantan menteri riset dan teknologi ini, punya lima jabatan komisaris. Artinya, posisi komisaris independen di Indofood merupakan yang ke-enam. Wow..

Fenomena ini menjadi jawaban. Ternyata, tak menjabat menteri, bukan berarti madesu alias masa depan suram. Tak punya kekuasaan bukan bermakna tak bisa berkarya alias jadi pengangguran. Contohnya ya itu tadi, Bambang Brodjo.

Baca juga  Peter Gontha Sebut Asosiasi Pilot Garuda Indonesia Egois

Mengingatkan saja, Bambang Brodjo terpaksa mundur sebagai Menteri Riset dan Teknologi pada akhir April 2021. Karena, kementerian riset digabung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Di periode pertama Presiden Joko Widodo, Bambang Brodjo sempat menjabat menteri keuangan. Hingga Juli 2016, Bambang Brodjo digantikan Sri Mulyani yang sebelumnya menjabat direktur pelaksana Bank Dunia. Selanjutnya, pria kelahiran Jakarta pada 3 Oktober 1966 itu, dipercaya Jokowi menjabat menteri riset dan teknologi.

Sejatinya, Bambang Brodjo sudah lebih dulu menjadi pejabat tinggi negara saat SBY berkuasa. Kala itu, Bambang Brodjo ditunjuk menjadi wakil menteri keuangan.  Oh iya, saat ini, Bambang Brodjo menjabat komisaris di lima perusahaan. Yakni Komisaris Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Dan menjabat posisi yang sama di PT Astra International Tbk (ASII), PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA), Bukalapak, serta Oligo Infrastruktur. Kali ini, Bambang Brodjo benar-benar mujur.

Baca juga  Demi Pariwisata, Bali dan Jateng Genjot Vaksinasi

Tinggalkan Komentar