Rabu, 28 September 2022
02 Rabi'ul Awwal 1444

Penting Ketahui Inseminasi untuk Program Hamil

Kamis, 17 Feb 2022 - 22:34 WIB
Inseminasi
unsplash

Kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu bagi para pasangan suami istri. Tidak jarang juga, banyak pasangan yang masih berjuang untuk mendapatkan keturunan. Salah satu caranya adalah dengan inseminasi  atau Intrauterine Insemination (IUI).

Inseminasi ini merupakan program kehamilan dengan metode mendekatkan sperma (yang sudah melalui proses washing sperm) dengan sel telur secara natural di dalam rahim.

Tujuannya yakni meningkatkan jumlah sperma yang berhasil sampai di tuba falopi. Dengan begitu, metode ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan sel telur untuk dibuahi sperma.

“Untuk melakukan program kehamilan, jangan hanya istri yang datang ke dokter atau rumah sakit, tapi harus keduanya yaitu suami dan istri. Karena program kehamilan membutuhkan kerjasama antara suami dan istri,” kata Dr. Hamidah Tri H, Sp.OG dari Klinik Fertilitas Indonesia RS Toeloengredjo Pare, seperti yang inilah.com kutip dari siaran pers, Kamis, (17/02/2022).

Baca juga
9 Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

Masih menurutnya, para pasangan suami istri tidak jarang masih banyak yang belum paham dengan hal tersebut. Sehingga, lanjutnya, belum tahu langkah apa yang harus diambil ketika ingin berusaha memiliki keturunan.

“Edukasi tentang infertilitas, kapan harus mulai memeriksakan kesuburan, dan pilihan program hamil apa yang tepat sehingga bisa membantu para pejuang buah hati mendapatkan buah hati segera dan tidak membuang-buang waktu, adalah hal yang penting,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar