Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

Penting Mana? Pakai Masker Atau Berkoar-Koar

Jumat, 24 Sep 2021 - 09:56 WIB
Penulis : Willi Nafie
Penting Mana? Pakai Masker Atau Berkoar-Koar  - inilah.com
Foto Istimewa

Seperti yang kita ketahui pada saat ini, berbagai wilayah di Indonesia sudah berada dalam status PPKM Level 3, menyusul kasus Covid-19 semakin melandai. 

Protokol kesehatan Covid-19 mesti tetap dilakukan mesti  kegiatan masyarakat di luar rumah mulai meningkat. Seperti tetap memakai masker. Pasalnya hingga saat ini belum ada pernyataan resmi yang manyatakan kita aman tanpa masker.  

“Kenapa masker tetap penting orang yang divaksinasi masih bisa terinfeksi dan menyebarkan Covid-19,” kata  Ketua Satgas Penanganan Covid-19 PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Profesor Zubairi  Djoerban dalam akun media sosialnya, dikutip Jumat (24/9/2021). 

Alat paling sederhana ini membantu memberi perlindungan terhadap diri sendiri dan orang lain di tengah pandemi. Pasalnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa Covid-19 tak hanya menyebar melalui droplet atau tetesan air liur, tetapi juga melalui udara atau airborne. Selain itu, WHO juga memberitahukan bahwa virus SARS-CoV-2 mampu bertahan di udara atau airborne aerosol.

“Tak ada orang di negara manapun yang dirugikan karena masker. Pakai masker lebih baik ketimbang berkoar dan tak melakukan apa-apa,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar

×