Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Penting Skrinning saat Hamil untuk Deteksi Dini Kelainan

Selasa, 31 Mei 2022 - 16:53 WIB
Skrinning saat Hamil
Istimewa

Kehamilan tentu menjadi sebuah momen yang sangat dinanti, terlebih bagi sebuah keluarga yang sudah lama menanti datangnya seorang momongan. Mulai sejak positif hamil, kebahagiaan akan terlihat dari bagaimana para calon ibu dan ayah mempersiapkan kehadiran si kecil. Semua orangtua berharap janin dalam kandungan akan sehat sampai melahirkan nanti.

Minimnya pengetahuan dari ibu hamil dan keluarga memiliki dampak pada tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan kelainan bawaan atau kelainan kongenital yaitu kondisi tidak normal yang terjadi pada masa perkembangan janin. Kelainan ini dapat mempengaruhi fisik atau fungsi anggota tubuh anak sehingga menimbulkan cacat lahir.

Banyak ibu hamil mengabaikan arti pentingnya bahaya-bahaya dalam kehamilan. Menurut WHO, cacat lahir dialami sekitar 1 dari 33 bayi di dunia. Bahkan, ada sekitar 3,2 juta bayi yang lahir dalam kondisi tidak sempurna di seluruh dunia setiap tahunnya.

Kekhawatiran yang dialami oleh ibu hamil selama menjalani proses kehamilan adalah sebuah hal yang wajar, kadang pikiran negatif ibu hamil juga sulit dihilangkan seperti, apakah calon bayi di rahim tumbuh normal, apakah calon bayi akan ada cacat dan sebagainya. Namun ketakutan dan kekhawatiran berlebih akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan Ibu dan calon bayi.

Baca juga
Pentingnya Lengkapi Imunisasi Dasar Anak

Melihat banyaknya kekhawatiran pada calon orang tua serta banyaknya kasus mengenai kelainan ini, deteksi dini dibutuhkan untuk memberikan persiapan secara fisik dan mental kepada orang tua dari calon bayi.

Oleh karena itu, tanyaDNA hadir sebagai jawaban dari kekhawatiran para orang tua dalam mencari kepastian kesehatan bagi calon bayi. Kehadiran tanyaDNA memberikan inspirasi dan inovasi mengenai genomik guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

Saat ini, salah satu yang harus diketahui mengenai kemajuan zaman di dunia medis adalah NIPT, yang merupakan singkatan dari Non-Invasive Prenatal Test.
Lewat teknologi ini seorang calon orangtua yang sedang menunggu buah hati bisa mengetahui jenis kelamin sang bayi, bahkan ketika usia kandungannya masih menginjak beberapa minggu.

NIPT (Non-Invasive Prenatal Test) merupakan jawaban yang disediakan oleh tanyaDNA untuk mengetahui jenis kelamin dan skrining adanya kelainan kromosom pada calon bayi sedini mungkin, yaitu pada usia kandungan mulai dari 10 minggu.

Baca juga
Selain Kemoterapi, Imunoterapi Dianggap Mampu Tingkatkan Kesempatan Hidup Pasien Kanker

NIPT merupakan metode tanpa prosedur yang membahayakan ibu dan calon bayi, proses pengujian sangat aman karena hanya menggunakan darah ibu.

Adapun manfaat NIPT adalah sebagai berikut :

1. Dapat menentukan jenis kelamin buah hati dengan sangat akurat pada usia kehamilan mulai dari 10 minggu

2. Membantu membuat keputusan perawatan kesehatan yang tepat untuk sang buah hati

3. Mempersiapkan mental, fisik serta finansial oang tua dan bayi di masa depan

“Kami sangat senang dan antusias dapat menghadirkan NIPT tanyaDNA, merupakan solusi tes genetik untuk gaya hidup sehat yang mudah dan nyaman. Memiliki sang buah hati adalah hal yang membahagiakan bagi semua orang tua dan pastinya ingin memiliki keluarga yang optimal baik secara fisik dan mental,” kata  drg. Adittya selaku Direktur tanyaDNA, Jakarta, Selasa, (31/05/2022).

Karena itu NIPT tanyaDNA hadir untuk membantu para orang tua khususnya agar ibu hamil bebas khawatir. Dengan bantuan teknologi sequencing, NIPT tanyaDNA dapat mengetahui lebih detail mengenai kesehatan anak dimulai dari kandungan yang tergolong aman dan minim risiko bagi ibu dan calon bayi.

Baca juga
Konsumsi Gula Harian pada Anak Harus Dibatasi

“NIPT ini penting dilakukan oleh para ibu hamil untuk mengetahui kesehatan janin secara akurat dan dapat mendeteksi jenis kelamin serta abnormalitas calon bayi seperti kelainan genetik atau kromosom sejak dini. Teknik pemeriksaan NIPT tanyaDNA memiliki kemampuan deteksi sangat akurat hingga 99 persen,” tambah Adittya.

NIPT hadir untuk membantu masyarakat Indonesia dalam melakukan pemeriksaan genomic, sehingga para calon ibu tidak perlu khawatir mengenai kelainan bawaan atau kelainan kongenital pada buah hati yang dikandung.

Dengan mengetahui kepastian lebih awal diharapkan keluarga dapat mempersiapkan mental dan finansial secara baik untuk kehidupan sang buah hati di kemudian hari. Sesuai dengan visi misi NIPT tanyaDNA, menjadi tempat pemeriksaan DNA yang mudah dan terjangkau untuk di akses oleh lebih banyak orang.

Tinggalkan Komentar