Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Pentingnya Bangun Kebersamaan Antara Ayah dengan Anak

Jumat, 11 Nov 2022 - 19:23 WIB
peran penting ayah
Istockphoto

Pentingnya bagi orang tua khususnya Ayah dalam membangun waktu yang berkualitas dengan anak. Hal tersebut bisa dilakukan seperti memanfaatkan waktu saat momen liburan akhir tahun.

Anak-anak akan bisa merasakan kebersamaan dengan Ayah yang sebelumnya waktunya habis terbuang saat bekerja.

“Waktu yang berkualitas saat digunakan bersama anak, dapat menghasilkan ikatan atau bonding lebih erat, meski ini sudah kita bangun sejak anak lahir,” kata Marcelina Melisa, M.Psi, Psikolog anak dan keluarga saat ditemui di acara ELC, Jakarta, Jumat, (11/11/2022).

Masih menurutnya, bonding tetap menjadi dasar anak percaya dengan lingkungan, sehingga membangun keterampilan sosial yang baik bagi anak-anak.

Baca juga
Psikolog UI: Merawat Spirit Doll Tanda Seseorang Alami Gangguan Mental

“Jadikan quality time bersama anak sebagai momen eksplorasi minat dan bakat anak, apalagi masih di usia periode emas anak. Anak-anak akan lebih semangat ketika didampingi atau berinteraksi dengan orang tua sebagai orang terdekat di hidupnya, sehingga orang tua menjadi lebih mudah mengajarkan nilai-nilai penting dalam kehidupan,” tambahnya.

Marcelina juga menambahkan, bermain merupakan cara efektif bagi anak-anak untuk belajar banyak hal baru, apalagi ditunjang dengan kehadiran permainan anak yang sesuai dengan usianya dan dibutuhkan oleh tahapan perkembangan dirinya.

“Meski demikian, mengajak anak-anak untuk berekreasi di luar rumah saat liburan juga turut menjadi penunjang dalam menghabiskan waktu yang berkualitas bersama anak,” paparnya.

Baca juga
Solusi Orang Tua Tidak Bandingkan Anak

Terpenting untuk diingat, orang tua merupakan sosok atau tokoh utama yang diidolakan anak-anaknya, sehingga para orang tua wajib mengenalkan hal-hal dasar yang positif, seperti bermain permainan yang sesuai usianya, sehingga dapat mengurangi keinginan anak mencoba hal lain di luar usianya.

Tinggalkan Komentar