Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

Pentingnya Minum Air Putih saat Berbuka Puasa

Jumat, 08 Apr 2022 - 14:32 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Air Putih- inilah.com
Pentingnya Minum Air Putih saat Berbuka Puasa (Istock)

Saat puasa, asupan cairan melalui air putih untuk tubuh tetap harus terpenuhi. Hal itu penting untuk menghindari risiko dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh yang ditandai dengan bibir dan kulit kering, pusing, lemas, sakit kepala, serta urine berwarna gelap.

Staf Divisi Endokrin, Metabolik, dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM)-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr. Syahidatul Wafa, Sp.PD menyarankan Anda termasuk pasien kencing manis mengawali berbuka puasa dengan meminum air putih.

“Intinya saat berbuka puasa tentu yang lebih baik minum air putih,” kata Wafa di sela acara kesehatan yang secara daring, Kamis (7/4/2022).

Baca juga
Rupa-rupa Putri Candrawathi, Istri Jenderal Mengaku Diperkosa

Mengutip Healthline, air putih menjadi standar emas dalam hal menjaga tubuh tetap terhidrasi usai berpuasa selama 13-14 jam.

Lalu, bila Anda ingin mengonsumsi makanan manis, maka sebaiknya batasi asupannya terutama yang mengandung kadar gula tinggi.

“Sekarang sudah banyak produk yang bebas gula seperti sirup bebas gula bahkan topping kental manis juga ada bebas gula. Jadi kita bisa lebih smart memilih produk makanan yang masuk ke tubuh,” tutur Wafa.

Dari sisi porsi makanan utama, sebaiknya pilih yang sedang dan cukup untuk mencegah makan berlebihan. Anda juga lebih baik mengonsumsi camilan sehat di antara waktu berbuka puasa dan sahur semisal buah, sayur dan kue bebas gula.

Baca juga
Jika Jokowi Jadi 'King Maker', Begini Nasib Pemilu 2024

Terkait gorengan, Wafa menyarankan Anda membatasi asupannya, karena cenderung tinggi lemak dan garam.

“Gorengan memang enak tetapi tidak bagus, sehingga bahaya untuk tubuh kita. Jadi, batasi asupan makanan yang tinggi lemak seperti gorengan dan termasuk asupan garam,” ujar Wafa.

Asupan makanan tinggi garam juga banyak pada makanan olahan. Oleh karena itu, Wafa mengingatkan Anda cermat memilih produk makanan yang juga Anda santap setiap hari seperti kecap dan saus.

“Kecap, saus karena biasanya tinggi garam. Pilih produk-produk yang rendah garam, bahkan untuk produk yang kita gunakan sehari-hari,” demikian pesan dia.

Tinggalkan Komentar