Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Pentingnya Orangtua Biasakan Anak Makan di Rumah

Anak Makan Di Rumah
Unsplash

Pentingnya Orangtua membiasakan anak untuk makan di rumah karena terkait dengan kesehatan. Selain itu, keamaan konsumsi makanan rumah sangat terjamin, dan juga kandungan gizinya bisa terpantau.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pergizi Pangan Provinsi Sulteng Nurdin Rahman, jangan memberikan kebiasaan anak-anak untuk jajan makanan di luar rumah. Biasakan kepada anak makan di rumah.

“Kadangkala orang tua tidak mau repot membuatkan makanan di rumah lantas memberikan saja anaknya uang supaya jajan makanan di luar rumah. Terserah anaknya mau jajan makanan apa di luar yang penting makan,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pergizi Pangan Provinsi Sulteng Nurdin Rahman, ditulis Jumat, (15/4/2022).

Baca juga
Zivanna Letisha Beri Solusi Mendidik Anak di Masa Pandemi

Ia menjelaskan makanan yang dibuat di rumah terjamin keamanan, kesehatan, dan kandungan gizinya dibandingkan jika membeli makanan di luar rumah yang tidak menutup kemungkinan dibuat dengan cara yang tidak higienis. Kemungkinan ada juga dicampur dengan bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh.

Padahal, menurutnya, jika dibiarkan terus-menerus seperti itu, akan membahayakan kesehatan yang pada akhirnya berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Anak-anak membutuhkan makanan yang sehat

Ia mengatakan masa anak-anak adalah masa di mana mereka harus memperoleh makanan yang sehat dan aman yang mengandung gizi seimbang.

Jika dibuat di rumah, lanjutnya, makanan terjamin keamanan dan kesehatan, serta kandungan gizinya.

Baca juga
Facebook Siapkan Fitur Langganan Grup dan Monetisasi

“Makanan yang dibuat di rumah lebih terjamin keamanan dan gizi yang terkandung di dalamnya daripada makanan yang dibeli di luar. Makanan yang mengandung gizi seimbang artinya memiliki kandungan vitamin, protein dan serat yang cukup seperti yang terkandung dalam tempe, tahu, telur, daging dan sayur-mayur. Semua itu mudah didapat di Sulteng,” ucapnya.

Jangan biasakan anak konsumsi junk food

Ia mengakui anak-anak sudah terbiasa jajan makanan di luar rumah, terlebih jika mereka mengonsumsi makanan siap saji atau junk food akan susah membiasakan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang.

“Kalau lidahnya anak-anak sudah terbiasa makan makanan junk food, akan susah dibiasakan makan makanan rumahan yang sehat seperti makanan yang mengandung sayur. Tapi pasti bisa tinggal dibiasakan,” ucapnya.

Tinggalkan Komentar