Penumpang Pesawat Rute di Luar Jawa-Bali Boleh Pakai Tes Antigen

Penumpang Pesawat Rute di Luar Jawa-Bali Boleh Pakai Tes Antigen - inilah.com
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 telah memutuskan penumpang pesawat diwajibkan melakukan tes PCR sebagai syarat penerbangan.

Namun penumpang untuk penerbangan di luar Jawa-Bali masih diperbolehkan menggunakan syarat tes antigen.

Kebijakan ini sudah diatur dalam addendum Surat Edara (SE) Satgas COVID-19 Nomor 21 Tahun 2021 yang diterbirkan 27 Oktober 2021.

“Dalam rangkan penyesuaian kesiapan sarana dan prasarana yang spesifik di tiap daerah, maka pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda tranportasi udara antarkabupaten atau antarkota di luar pulau jawa bali, dapat menggunakan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (28/10/2021).

Baca juga  Ini Arti Nama Rayyanza Malik Ahmad Anak Kedua Raffi dan Nagita

Wiku mengatakan, persyaratan ini sebagai alternatif syarat penerbangan di luar Jawa-Bali selain menunjukkan hasil tes PCR yang berlaku dalam waktu 3×24 jam. Selain itu para penumpang pesawat juga wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama.

“Lalu yang ketiga adalah pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda lainnya, yaitu transportasi laut, darat, kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan dan kereta api antar kota dari dan ke wilayah Jawa-Bali maupun Jawa-Bali wajib menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama,” jelas Wiku.

Selain itu, pelaku perjalanan juga diminta menunjukkan surat keterangan negatif tes RT PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam atau hasil negatif rapid tes antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Baca juga  Bandara Kualanamu Dikelola Konsorsium Asing, Ini Profil Perusahaannya

Tinggalkan Komentar