Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Penundaan Asian Games di China Berdampak Positif untuk Atlet Indonesia

Koi Raja Sapta
Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari

Pekerjaan rumah Komite Olimpiade Indonesia (KOI) tampaknya sedikit bertambah selepas China menunda perhelatan Asian Games 2022 di Hangzhou, China yang rencananya digelar September mendatang.

Faktor anggaran disebut-sebut menjadi hal yang mendapat pengaruh besar terhadap penundaan itu. Ini sesuai dengan keterangan Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari yang menyebut Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah mengucurkan anggaran demi persiapan Asian Games Hangzhou, September nanti.

“Penundaan Asian Games 2022 ini sebetulnya tidak begitu berdampak buruk bagi kesiapan para atlet. Dari kita, dampak yang paling berasa itu dari anggaran saja. Bagaimana kita sudah melakukan serangkaian persiapan menyambut itu, tentu biayanya tidak sedikit,” kata Raja Sapta kepada Inilah.com, Selasa (10/5/2022).

Baca juga
Inilah Daftar Lengkap Pemenang Penghargaan Ballon d'Or 2021

Rugi dari segi biaya, KOI tak menampik penundaan Asian Games 2022 justru memberikan dampak yang cukup positif terhadap persiapan para atlet Indonesia.

Disebut, kualitas para atlet Tanah Air justru harusnya bisa lebih terasah, menilik waktu pembinaan yang kini melebar hingga 2023 mendatang.

“Dampak buruk atau bukan penundaan Asian Games Hangzhou ini sebenarnya lebih bukan ke arah sana ya. Kan atlet sudah kita siapkan untuk September untuk pertandingan (Asian Games). Jadi karena pertandingannya enggak ada kita siapkan untuk yang lain (kompetisi),” jelas Raja Sapta.

“Mudah-mudahan nanti kualifikasi (Olimpiade Paris 2024) sudah dimulai. Jadi kalau ditanya buruk enggaknya, saya enggak ngeliat itu berhubungan sama kualitas atlet,” sambungnya.

Baca juga
Awas, Daging Brazil Mengandung Penyakit Sapi Gila

Seperti diketahui, beberapa hari belakangan Sekretariat Jenderal Dewan Eksekutif Asian Games sudah membuat keputusan penundaan Asian Games XIX di Hangzhou, China hingga waktu yang belum ditentukan.

Alasannya, kasus COVID-19 varian Omicron di wilayah China kembali merebak. Pihak panitia pelaksana akan mengumumkan jadwal terbaru pelaksanaan ajang olahraga multicabang empat tahunan tersebut.

Semula Asian Games akan digelar di ibu kota Povinsi Zhejiang itu pada 10-25 September 2022. Wabah Omicron terbaru telah menyebabkan dua kota di China, yakni Shanghai dan Beijing dikunci wilayah secara parsial. [AHA]

Tinggalkan Komentar