Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Penyebab stress, depresi dan tekanan batin saat beranjak dewasa

Sabtu, 18 Sep 2021 - 23:50 WIB
Penulis : elsye prilian
Penyebab stress, depresi dan tekanan batin saat beranjak dewasa - inilah.com

Saat masih kecil pasti banyak dari kalian yang menganggap bahwa menjadi dewasa itu menyenangkan, benar bukan? Dimata seorang anak kecil menjadi dewasa itu adalah hal yang diimpi-impikan, kenapa? Karena waktu kita kecil kita beranggapan bahwa menjadi dewasa itu sesuatu hal yang menyenangkan dimana kita dapat melakukan segala sesuatunya sendiri dan dapat mengambil keputusan kita sendiri.

Namun banyak dari kita ini yang beranjak menjadi dewasa dengan tidak adanya persiapan sehingga membuat beberapa dari kita ini beranggapan bahwa menjadi dewasa itu sesuai dengan ekspetasi kita yang menyenangkan padahal berbanding terbalik dengan realita yang ada. Menjadi dewasa yang tanpa persiapan lahir dan batin dapat membuat kita merasakan apa yang namanya stress, depresi ataupun tekanan batin. Biasanya stress,depresi ataupun tekanan batin lebih sering menghampiri kehidupan orang yang beranjak dewasa maupun orang dewasa itu sendiri. Mengapa waktu kita dewasa mudah terkena stress, depresi ataupun tekanan batin?

yang pertama, ketika kita beranjak dewasa pemahaman kita tentang kehidupan orang dewasa tidak sesuai dengan ekspetasi sewaktu kita kecil sehingga hal tersebut merupakan salah satu yang menyebabkan kita mudah mengalami stress, depresi ataupun tekanan batin.

Baca juga
Fenomena Bunuh Diri, Mengapa Terus Terjadi?

yang kedua, ketika kita beranjak dewasa kita akan mendapat banyak tekanan, baik dari lingkungan keluarga, rumah maupun tempat kerja. Beban-beban yang di limpahkan kepada kita membuat kita yang beranjak dewasa mudah mengalami stress, depresi ataupun tekanan batin.

yang ketiga, ketika kita beranjak dewasa kita akan kehilangan banyak waktu dengan keluarga dan teman-teman kita sehingga tidak ada waktu untuk berbagi cerita itu juga dapat memicu penyebab stress, depresi ataupun tekanan batin. 

ketiga hal diatas merupakan sedikit penyebab mengapa ketika beranjak dewasa kita lebih mudah terkena stress,depresi ataupun tekanan batin. Menjadi dewasa itu tidak semudah yang kita bayangkan namun juga tidak sesulit yang kita pikirkan. setiap orang mempunyai beban dan masalahnya masing-masing semua balik lagi kepada sikap kita dalam meresponinya apakah respon kita membawa kepada stress, depresi, tekanan batin atau sebaliknya respon kita membuat kita enjoy dan happy dalam menjalani kehidupan kita yang dewasa ini.

Tinggalkan Komentar