Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Penyidik Temukan Kain Berisi Mantra di Rumah Kalideres

Rabu, 30 Nov 2022 - 15:33 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Penyidik Temukan Kain Berisi Mantra di Rumah Kalideres
Garis polisi terpasang di pagar rumah tempat ditemukannya satu keluarga tewas di Citra Garden I Exit Blok AC 5/7, RT 7/ RW 15, Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (12/11/2022). (Foto: Inilah.com/Harris Muda)

Penyidik Polda Metro Jaya kembali menguatkan dugaan aliran sesat penyebab kematian satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat.

Setelah menyambangi TKP, Selasa (29/11/2022), penyidik menemukan sejumlah mantra tertulis di sebuah kain.

“Di kain, ada beberapa. Diduga mantra,” ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi, kepada awak media, Rabu (30/11/2022).

Namun Hengki menyebut masih harus melakukan pendalaman terhadap temuan baru tersebut.”Lagi kami teliti. Ditemukan juga buku-buku lintas agama, serta mantra,” jelas Hengki.

Sebelumnya Polda Metro Jaya mengungkap ada kejanggalan dari salah satu korban sekeluarga yang tewas di sebuah rumah di Kompleks Citra Garden Satu Extension, Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (10/11/2022). Korban atas nama Budiyanto Gunawan diduga menganut aliran tertentu.

Baca juga
Berduka atas Gempa Afghanistan, Sekjen PBB Serukan Bantuan Internasional

“Bahwa ada kecenderungan salah satu keluarga yang dominan, yang mengarah kepada almarhum Budiyanto, bahwa yang bersangkutan memiliki sikap positif terhadap aktivitas ritual tertentu,” kata Hengki.

Kejanggalan ini diketahui dari pemeriksaan psikologi forensik. Lalu fakta ini juga dikuatkan dengan temuan di lokasi.”Hasil penyelidikan sementara dengan melibatkan tim asosiasi psikologi forensik menemukan bahwa ada keindetikan penyelidikan berdasarkan keterangan saksi dan bukti-bukti yang ada di lokasi kejadian,” ungkap Hengki.

Saat ini proses autopsi untuk menentukan penyebab kematian satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat, masih berjalan. Dalam proses ini, pihaknya melibatkan sejumlah ahli yang berkompeten.

Tinggalkan Komentar