Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Peran Masyarakat Dalam Mendorong Tumbuh Kembang Anak

Sabtu, 21 Agu 2021 - 14:25 WIB
Peran Masyarakat Dalam Mendorong Tumbuh Kembang Anak - inilah.com
Foto: Istimewa

Pertanyaan:

Bagaimana cara masyarakat untuk meningkatkan atau mendorong tumbuh kembang anak?

Jawaban:

Pemerhati dan sahabat anak Indonesia serta Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi yang akrab dipanggil Kak Seto, menjelaskan setelah keluarga yang paling dekat dengan kita adalah tetangga.

Jadi, ada baiknya RT dan RW yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari bisa ikut mengambil peran dalam tumbuh kembang anak.

“Ada RT dan RW, harus saling peduli. Mohon saling diberdayakan. Ada seksi kebersihan, seksi keamanan, tambah satu seksi lagi, seksi kesejahteraan anak, atau seksi perlindungan anak,” kata Kak Seto, Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga
Kisruh Soal Hak Perwalian Anak, Keluarga Vanessa Berencana Temui Kak Seto Bahas Soal Gala

Setiap elemen masyarakat bisa saling mengingatkan satu sama lain tentang kebaikan.

Misalnya, ada anggapan di masyarakat tentang seorang ibu yang menelantarkan anak di rumah sendirian.  Hal ini akan berakibat fatal jika terjadi penculikan dan kebakaran.

Karena itu, bisa diadakan zoom meeting antar warga, bagaimana membentuk sebuah sinergi untuk saling menjaga antar tetangga.

“Kadang-kadang ibu-ibu sibuk yang jauh-jauh, nostalgia zaman dahulu, reuni, teman SMA, SMP, tetangga dekat diberdayakan dahulu, melalui forum dan RT dan RW,” ungkapnya.

Tinggalkan Komentar